Gambaran Resiliensi Remaja Akhir yang Mengalami Grief Akibat Kematian Orang Tua

Muhammad Ali Sakti Putra Rusli(1*), Widyastuti Widyastuti(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jtm.v3i2.51776

Abstract


Kematian merupakan rangkaian peristiwa yang pasti terjadi pada manusia yang menyebabkan kesedihan dan kehilangan yang mendalam bagi yang ditinggalkan. Upaya resiliensi bisa menjadi faktor besar dalam mengatasi perasaan grief yang terjadi. Resiliensi merupakan kemampuan untuk menghadapi masalah dan beradaptasi terhadap kejadian traumatik yang terjadi dalam kehidupan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran resiliensi remaja akhir terhadap grief akibat kehilangan orang tua karena kematian. responden pada penelitian ini adalah empat remaja akhir berusia 18-21 tahun yang kehilangan orang tua akibat kematian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dianalisis menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis. Hasil dalam penelitian ini adalah keempat responden memiliki upaya resiliensi yang beragam seperti meningkatkan sosialisasi, memperbanyak kesibukan, mengubah pola pikir terhadap peristiwa kematian yang terjadi, melihat kenangan bersama dengan orang tua, rutin menziarahi makam orang tua dan menjadikan pesan terakhir orang tua sebagai motivasi untuk beradaptasi. Berbagai upaya tersebut dilakukan untuk mengatasi bentuk grief yang dirasakan seperti perasaan kehilangan, kesepian, tidak berdaya, terpukul, amarah dan kesedihan yang mendalam. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk membantu dalam membangun resiliensi terhadap remaja akhir yang kehilangan orang tua


Keywords


Grief, Remaja Akhir, Resiliensi

Full Text:

PDF

References


Agustina, D. (2021). Resiliensi pada Mahasiswa Yatim (Studi Kasus tentang Resiliensi pada Mahasiswa Yatim di Universitas Negeri Yogyakarta). Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 36–45.

Astuti, Y. D. (2007). Kematian Akibat Bencana dan Pengaruhnya Pada Kondisi Psikologis. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 30(66), 363–376. https://journal.uii.ac.id/Unisia/article/view/2680/2459

Bakar, R. M. (2018). Konsep dan teknik wawancara dalam bidang psikologi edisi revisi. Makassar: Nas Media Pustaka.

Dewi, E. M. P. (2007). Diktat kuliah interview. Makassar: Fakultas Psikologi UNM.

Kahija, L. YF. (2017). Penelitian fenomenologi: Jalan memahami pengalaman hidup. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Nurhidayati, & Lisya Chairani. (2014). Makna Kematian Orangtua Bagi Remaja (Studi Fenomenologi Pada Remaja Pasca Kematian Orangtua). Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 10(Juni), 33–40.

Raco, J. R., & Tanod, R. R. H. M. (2012). Metode fenomenologi aplikasi pada entrepreneurship. Jakarta: PT. Grasindo.

Sari, R. K. (2016). Kecenderungan perilaku compulsive buying (pembelian kompulsif) pada masa remaja akhir di Samarinda. Jurnal Psikologi, 4(4), 361– 372.

Septiawati, W. A., & Musabiq, S. A. (2011). Hubungan antara Nilai dan Resiliensi Keluarga yang Kedua Orang Tuanya telah Meninggal Dunia.pdf. In Mind Set. 2(2), 119–128.

Sikumbang, P. L. T. (2022). “ Perbedaan Resiliensi Ditinjau Dari Pekerja Sektor Formal Dan Informal Di Masa Pandemi".

Vastya, C., Zahro, F. A., Fauziah, M., Kurniawan, R., Wisda, T., & Ramdani, Z. (2021). Motivasi Belajar Remaja yang Mengalami Kematian Orang Tua. Journal of Psychological Perspective, 3(1), 7–15. https://doi.org/10.47679/jopp.31962021


Article Metrics

Abstract view : 117 times | PDF view : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Ali Sakti Putra Rusli, Widyastuti Widyastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baru. Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.