School Wellbeing dan Motivasi Belajar Siswa SMA
(1) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jtm.v3i2.51190
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahkam, M., & Arifin, N. A. I. (2017). Optimisme dan School well-being pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Talenta, 3(1), 2615-1731.
Ahkam, M. A., Suminar, D. R., & Nawangsari, N. F. (2020). Kesejahteraan di sekolah bagi siswa sma: konsep dan faktor yang berpengaruh. Jurnal Psikologi TALENTA, 5(2), 143. https://doi.org/10.26858/talenta.v5i2.11738
Alvina, U. T. (2022). Hubungan school well-being dengan motivasi belajar siswa smp negeri 42 pekanbaru. (Skripsi). Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Alwi, A., Suminar, D. R., & Nawangsari, N. F. (2021). Development and Validation of a Indonesian translate Brief Adolescents Subjective Wellbeing in School Scale. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 10(1), 91–103. https://doi.org/10.12928/jehcp.v10i1.18480
Alwi, M. A., & Fakhri, N. (2022a). School well-being di Indonesia : Telaah Literatur. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 1(3).
Alwi, M. A., & Fakhri, N. (2022b). SCHOOL WELL-BEING DITINJAU DARI HUBUNGAN INTERPERSONAL. Pedagogika:Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 124–131. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue2year2022
Alwi, M. A., Suminar, D. R., & Nawangsari, N. A. F. (2020). Support Related to Schools and School Well-Being: Self Esteem as Mediator. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.20961/ijpte.v4i2.42869
Cherniss, C. & Goleman D. (2001). The Emotionally Intelligent Workpalace. San Fransisco: Jossey-Bass.
Dewi, E. M. P., Basti., & Halima, A. (2021). School wellbeing (SWB) and learing motivation of psychology students in the state university of makassar. Indonesian Journal of Education Studies, 24(2), 143-155. E-ISSN: 2621-6736.
Dhitaningrum, M. (2013). Hubungan antara persepsi mengenai dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 1(2), 1-6.
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.
Emeralda, G. N., & Kristiana, I. F. (2018). Hubungan antara dukungan sosial Orang Tua dengan motivasi belajar pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Empati, 6(3), 154-159.
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD, 4(2), 47-53. ISSN 2614-0136.
Hasanah, M., & Sutopo. (2020). Pengaruh school well being terhadap motivasi belajar siswa di madrasah Aliyah. Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 15(2), 34-42. ISSN: 2580-8109.
Kalsum, U. (2019). Hubungan Antara School Weell-Being Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Sma Negeri 1 Kubu Kabupaten Rokan Hilir. (Skripsi). Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif. Diakses dari https://repository.uin-suska.ac.id/22767/1/GABUNGAN.pdf
Khatimah, H. (2015). Gambaran school well being pada peserta didik program kelas akselerasi di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Psikopedagogia, 4(1), 20-30. ISSN: 2301-6167.
Konu, A., & Rimpelä, M. (2002). Well-being in schools: a conceptual model. Health promotion international, 17(1), 79-87.
Lologau, Anugrana Nurhizza. (2022). Pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa sma di kota makassar di masa pandemi. (Skripsi). Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1). 90-98.
Rachmah, E. N. (2018). Pengaruh school well being terhadap motivasi belajar siswa. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, 11(2), 99-108
Rahmat, H., & Jannatin, M. (2018). Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Jurusan PGMI, 10(2), 98-111.
Rasyid, A. (2021). Konsep dan Urgensi Penerapan School Well-Being Pada Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 5(1), 376-382.
Renjaan, Aphroditha Salsabilla. (2022). Hubungan school well being dengan motivasi belajar dalam pembelajaran daring pada mahasiswa fakultas psikologi universitas negeri makassar. (Skripsi). Makassar: Universita Negeri Makassar.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and extrinsic motivation: Classic definitions and new directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54-67.
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKN di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187-200.
Tian, L., Zhang, J., & Huebner, E. S. (2015). Preliminary Validation of the Brief Multidimensional Students’ Life Satisfaction Scale (BMSLSS) Among Chinese Elementary School Students. Child Indicators Research, 8(4), 907–923. https://doi.org/10.1007/s12187-014-9295-x
Article Metrics
Abstract view : 56 times | PDF view : 20 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 M. Ahkam Alwi, Silviani Rindi Bunga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar
Office:
Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baru. Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.