Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMA

Nursyahna Meilinda(1), M. Ahkam Alwi(2*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jtm.v2i3.43763

Abstract


This study aims to see whether there is a significant effect between social support and interest in continuing education to college. The subjects in this study were students at SMA YASPIB Bontolempangan, Gowa Regency, South Sulawesi Province. Subjects in this study amounted to 100 students. The sampling technique in this research is random sampling. The measuring instrument used is the Likert scale of perceived social support and the Likert scale of interest in continuing education to college. The data analysis method used is a simple linear regression method. The hypothesis test that has been carried out shows an r value of 0.521, an R square value of 0.272 with a significance value of 0.000 (p = 0.000). education to higher education for students at SMA Yaspib Bontolempangan. 

Keywords


Social support, Interest in continuing education to college, high school students

Full Text:

PDF

References


Akbar, Z., & Oliver, T. (2018). Dukungan sosial dan resiliensi diri pada guru sekolah dasar. JPPP-Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 7(1), 53-59.

Abror, Abd. Rachman. 1993. Psikologi Pendidikan, Yogya: Tiara Wacana.

Andespa, R. (2017). Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Minat Menabung Nasabah di Bank Syariah. Maqdis : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(2), Hal.1–14.

Baron, R. A., dan Byrne, D., 2004. Psikologi Sosial (Ratna Djuwita, Terjemahan). Jakarta: Erlangga

Barokah, N., & Yulianto, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Self Efficacy, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Tinggi Dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 8(2), 434–452. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31498

Darmawan, I. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa. (Skripsi) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/47127/1/SKRIPSI_IWAN_DARMAWAN_11404241018.pdf

Hurlock, E.B. (1980). Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan ( Istiwidayanti, & Soedjarwo, Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Kharisma,N., & Lyna, L. (2015). Pengaruh motivasi, prestasi belajar, status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas xii kompetensi keahlian akuntansi di smk negeri sekota semarang tahun ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4 (3), Hal. 833-846.

Meilianawati. (2015). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan minat melanjutkan pendidikan perguruan tinggi pada remaja di kecsangatan keluang musi banyuasin. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Bina Darma Palembang, Vol.1,hal. 1-11.

Muhammad, Ali, H.,G., & Arifin. (2017). Pengaruh faktor sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan anak di desa wunse jaya kecsangatan wawonii tenggara kabupaten konawe kepulauan. Jurnal Al-Ta’dib. 10,1, 163-180.

Nurrahman, A. L. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Sma “X” Di Kecsangatan Playen.(Skripsi). Fakultas Psikologi Dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Rustandi, D. (2020). Kemendikbud Terus Upayakan Pembangunan SDM menuju Indonesia Maju. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Dikti.kemdikbud.id.https://dikti.kemdikbud.go.id/kabardikti/kabar/kemendikbud-terus-upayakan-pembangunan-sdm-menuju-indonesia-maju/.diakses pada 25 September 2021.

Rokhimah, S. (2014). Pengaruh dukungan sosial dan efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(3).

Sari, E.,S.,T. (2015). Hubungan Antara Academic Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Dengan Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Sma. (Skripsi). Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Slawi, N., Birama, B. C., & Nurkhin, A. (2017). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Perencanaan Karier Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Siswa Sma Negeri 2 Slawi. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 110–119.

Taylor, S.E. Peplau,L.T. Sears, D.O. (2009). Psikologi Sosial :Edisi Kedua Belas (Tri Wibowo, Terjemahan). Jakarta : Kencana Prenada Group

Wulandari, R., & Sumarsih, S. (2013). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Akuntansi Dengan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK YPKK I Sleman Tahun Ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1).

Zulfa, N. I., Heryaniningsih, S. M., Saputra, M. R., Kurnia, M., & Semarang, U. N. (2018). Pengaruh teman sebaya terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa sma. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 2, 69–74.

Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The multidimensional scale of perceived. Journal of Personality Assessment 52,(1), 30-41


Article Metrics

Abstract view : 66 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 M. Ahkam Alwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baru. Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.