Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Prokrastinasi Dalam Menyelesaikan Tugas pada Mahasiswa

Ilma Dwi Kurniawanti(1*), Afinia Sandhya Rini(2),

(1) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(2) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jtm.v2i1.39122

Abstract


Status mahasiswa selaku seorang pelajar di sekolah perguruan tinggi pasti akan dihadapkan dengan tugas berupa tugas akademik maupun tugas non akademik. Namun, mahasiswa tidak akan bisa melepas kewajiban mereka sebagai seorang pelajar dari tugas yang diberikan oleh dosen, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kontrol diri dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan tugas pada mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis kausal komparatif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 394 responden, yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala kontrol diri dan skala prokrastinasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi liner sederhana dan uji asumsi klasik. Hasil hipotesis didapatkan nilai nilai F sebesar 33,104 dengan sig 0,000 (p<0,05) dengan sumbangan nilai R square 0,078 yang berarti bahwa kontrol diri berpengaruh signifikan terhadap prokrastinasi sebesar 7,8%.


Keywords


Kontrol Diri, Prokrastinasi, Menyelesaikan Tugas

Full Text:

XML PDF

References


Aini, N. A., & Mahardayani, H. I. (2011). Hubungan Antara Kotrol Diri dengan Prokrastinasi dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi Pitutur, 65-71.

Aloysius Rangga Aditya Nalendra, d. (2021). Statistika Seri Dasar dengan SPSS. Bandung, Jawa Barat : Media Sains Indonesia.

Alviani, D., & Warto. (2018). ubungan Prokrastinasi Akademik dengan Aktualisasi Diri Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto. Jurnal Dakwah dan Komunikasi. Jurnal dakwah dan komunikasi, vol.12 no.1.

Averil, J. F. (1973). Personal Control Over Averssive Stimuli and It Relationship to Stress. Psychological Bulletin, 286-303.

Azari, D. T. (2016). Kontril Diri Mahasiswa yang Memiliki Kecenderungan Prokrastinasi Akademik. Padang : Universitas Negeri Padang .

Burka, J. B., & Yuen, L. B. (1983). Procrastination : Why You Do It, What To Do About It. New York: Perseus Book.

Fauziah, H. h. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi. Jurnal Ilmiah Psikologi , 128-129.

Husna, F., & Suprihatin, T. (2019). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi. Konferensi Ilmiah Mahasiswa UNISSULA (KIMU) 2, 1095.

Jassen, T., & Carton, J. S. (1999). The Effects of Locus of Control and Task Difficulty on Procrastination. The Journal of Genetic Psychology, 160.

Kartadinata, I., & Tjundjing, S. (2008). I Love You Tomorrow: Prokrastinasi Akademik dan Menejemen Waktu. Indonesia Psychological Journal, 110.

Lestari, V. P., & Dewi , D. K. (2018). Hubungan Efikasi Diri dan Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurnal Penelitian Psikologi, 4.

Magista, M. (2009). Hubungan antara Prokrastinasi Akademik dengan Kontrol Diri pada Siswa MAN 1 Medan. Skripsi: Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

Marcela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri : Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 66.

Mudalifah, K., & Madhuri , N. I. (2019). Pengaruh Kontrol Diri dan Efikasi Diri terhadap Prokrastinasi Akademik. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 97.

Prayitno, D. (2002). Profesi dan Organisasi Profesi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat SLTP.

Prayitno, D. (2013). Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Rumiani. (2010). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Dan Stres Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, Vol 3, 37-48.

Santoso, S. (2015). Statistik NonParametrik. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Sharva, P. V. (1997). Enviromental an Enginering Geophysics. Cambridge: University press.

Steel, P. (2007). The Nature Of Procrastination: A Meta Anaytic And Theoritical Review Of Quintes Sential Self Regulatiory Failure. Pshycological Bulletin, 65-94.

Sutriyono, Riyani, & Prasetya, B. E. (2012). Perbedaan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uksw Berdasarkan Tipe Kepribadian A Dan B. Satya Widiya, 127-135.

Tuckman, B. W. (1990). Measuring Procrastination Attitudinally and Behabiorally. Boston: Paper presented at metting of american educational research assosiation at april 1990.

Tuckman, B. W. (1991). The development and concurrent validity of the procrastination . Journal Educational and Psychological Measurement, 473-480.

Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 110 times | XML view : 0 times PDF view : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ilma Dwi Kurniawanti, Afinia Sandhya Rini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baru. Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.