Hubungan Harga Diri dengan Kecenderungan Narsistik pada Mahasiswa Pengguna Instagram di Kota Makassar
(1) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jtm.v1i3.31816
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M & Asrori. (2004). Psikologi remaja perkembangan peserta didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Amal, A., & Setiarso, O. (2020). Sosial: Kecanduan Instagram? Coba trik ini untuk mengatasinya. (Online). https://www.daya.id. Diakses tanggal 07 Juni 2021.
Bhakti, A.K. (2016). Hubungan antara harga diri dengan kecenderungan narsistik pada pengguna Instagram ditinjau dari jenis kelamin. (Skripsi diterbitkan). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Biolcati, R.., & Passini, S. (2018). Narcissism and Self Esteem: Different Motivations for Self Posting Behaviors. Cogent Psychology. Diakses dari https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/23311908.2018.1437012?fbclid=IwAR1BGFDXsSeqvL0wPWFZLqGVM8PFBiM4hF5e0el8wM_z_DVRwLg 0oLn0CY
Campbell, W. K., Rudich, E. A., & Sedikides, C. (2016). Narcissism, self-esteem, and the positive of self-views: Two portraits of self-love. Personality and Social Psychology Bulletin. University of Southampton.
Carpenter, C. J. (2012). Narcissism on Facebook : Self-promotional and anti-social behavior. Personality and Individual Differences, 52(4), 482–486. https://doi.org/10.1016/j.paid.2011.11.011
Clarke, I. E., Karlov, L., & Neale, N. J. (2014). The many faces of narcissism: Narcissism factors and their predictive utility. Journal Personality and Differences, 81(2015), 90-95, http://dx.doi.org/10.1016/j.paid.2014.11.021.
Coopersmith, S. (1967). The antecedents of self-esteem. San Francisco : Freeman and Company.
Haikal, M. (2018). Hubungan antara harga diri dengan kecenderungan perilaku narsisme pada mahasiswa pengguna Instagram di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. (Skripsi di terbitkan). Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.
Handayani, P. (2017). Hubungan antara harga diri dengan presentasu diri pengguna Instagram. (Skripsi di terbitkan). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Heatherton, T. E., & Polivy, J. (1991). Development and Validation of a Scale for Measuring State Self-Esteem. 6, 895–910.
Hill, A., & Denman, L. (2016). Adolescent self esteem and Instagram: An examination of posting behavior. Concordia Journal of Communication Research. 3(4), 1-22.
Jang, J. Y., Han, K., Shih, P. C., & Lee, D. (2015). Generation like: Comparative characteristics in Instagram. Seoul: Republic of Korea.
Kristanto, S. (2012). Tingkat kecenderungan narsistik pengguna facebook. Journal of Social and Industrial psychology, 1(1), 41-46.
Laeli, A. N., Sartika, E., Rahman, F. N., & Fatchurrahmi, R. (2018). Hubungan kontrol diri dan harga diri terhadap kecenderungan narsistik pada mahasiswa semester awal pengguna Instagram. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi. 23(1), 27-40.
Maulidania, H. (2017). Pengaruh harga diri terhadap kecenderungan narsistik pada remaja pengguna Instagram. (Skripsi diterbitkan). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Mehdizadeh, S. (2010). Self-Presentation 2.0: Narcissism and Self-Esteem on Facebook. Cyberpsychology, Behaviour, and Social Networking, 13(4).
Ngazis, A. N. (2014). Survei: Remaja Makin Cinta Instagram, Facebook Makin Dibenci. (Online). https://mviva.co.id/amp/digital/digilife/545971-survei-remaja-makin-cinta-Instagram-facebook-makin-dibenci. Diakses tanggal 15 September 2019.
Octaviani, M. A. (2019). Hubungan penerimaan diri dengan harga diri pada remaja pengguna Instagram. Psikoborneo, 7(4), 549-556.
Purnamasari, A., Agustin, V., Studi, P., Fakultas, P., & Universitas, K. (2018). Hubungan citra diri dengan perilaku narsisisme. Jurnal Psibemika, 11(2), 115–132.
Raskin, R., & Terry, H. (1988). A Principal-Components Analysis of the Narcissistic Personality Inventory and Further Evidence of Its Construct Validity. Journal of Personality and Social Psychology, 54(5), 890–902.
Riyanita., & Supradewi, R. (2019). Hubungan antara harga diri dengan kecenderungan narsistik pada pengguna media sosial Instagram mahasiswa universitas islam sultan agung semarang. Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 2. ISBN 2720-9148.
Santi, N. N. (2017). Dampak kecenderungan nariscisme terhadap self esteem pada pengguna facebook mahasiswa PGSD UNP. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 5(1), 25-30.
Sedikides, C., A, Rudich. E. A., Gregg, A. P., Kumashiro, M., & Rusbult, C. (2004). Are normal narcissists psychologically healthy?: selfesteem matters. Journal of Personality and Social Psychology. Southhampton: American Psychological Assoociation. 3(87). 400-416. doi: 10.1037/0022-3514.87.3.400.
Sembiring, K. D. R. (2017). Hubungan antara kesepian dan kecenderungan sosial media Instagram. Jurnal Psikologi, 16(2), 147–154.
Wearesosial. (2019). Berapa Pengguna Media Sosial Di Indonesia?. (Online). https://databoks.katadata.co.id. Diakses tanggal 26 agustus 2019.
Watie, E. D. S. (2011). Komunikasi dan media sosial (communications and social media). Jurnal The Messenger. 3(1), 69-75.
Wickel, T. M. (n.d.). Narcissism and Social Networking Sites : The Act of Taking Selfies. 5–12.
Widodo, A. S., & Pratitis, N. T. (2013). Harga Diri Dan Interaksi Sosial Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi Orang Tua. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 131–138.
Article Metrics
Abstract view : 1102 times | PDF view : 486 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Nurul Hidayah, Ahmad Razak, Harlina Hamid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar
Office:
Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baru. Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.