Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa

Devi Permatasari(1*), Ahmad Razak(2), Resekiani Mas Bakar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jtm.v1i4.33249

Abstract


This study aims to determine the relationship between spiritual quotient and learning motivation. Respondents in this study are 396 active students at Makassar State University. This study used the data analysis of pearson product moment correlation technique. The result show there is a positive relationship between spiritual quotient and learning motivation in Makassar state university students. The result of this study proves that individuals with spiritual quotient can find meaning in every behavior and activity so that it can increase student learning motivation.


Keywords


Spiritual Quotient, Students, Learning Motivation

Full Text:

PDF

References


Agustian, A. G. (2001). Rahasia sukses membangun kecerdasan emosional dan spiritual. Jakarta: Arga

Agustina, M. T., & Kurniawan, D. A. (2020). Motivasi belajar mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Psikologi Perseptual, -(-), 120-128.

Anas, M., & Aryani, F. (2014). Motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, 16(1), 41-46.

Anggraini, I. S. (2016). Motivasi belajar dan faktor-faktor yang berpengaruh: sebuah kajian

pada interaksi pembelajaran mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 1(2),

-109.

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal

Pendidikan Penabur, -(10), 11-21.

Bakar, R. (2014). The effect of learning motivation on student’s productive competencies in

vocational high school West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 4(6),

-732.

Basri, C. N. (2015). Hubungan antara culture shock dan motivasi belajar mahasiswa perantau

di Universitas Negeri Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Basuki, K. H. (2015). Pengaruh kecerdasan spiritual dan motivasi belajar terhadap prestasi

belajar matematika. Jurnal Formatif, 5(2), 120-133.

Carver, C. S., & Scheier, M. F. (2005). Optimism. Dalam C. R. Snyder., & S. J. Lopez.

Handbook of Positive Psychology (hal. 231-243). New York: Oxford University Press.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi belajar: Edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayani, S. (2019). Kecerdasan spiritual dan prestasi hasil belajar siswa SMA Negeri 1

Godean. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 292-306.

Hapsari, R. P. (2010). Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan motivasi belajar pada

mahasiswa D IV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Skripsi.

Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Irawan, V. W. E. (2019). Peranan kecerdasan spiritual dalam meningkatkan motivasi belajar.

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 33-47.

Kristini, R. E. & Florensia, N. M. (2010). Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi

akademik pada mahasiswa Prodi Keperawatan S1 Program A Angkatan 1 Stikes RS. Baptis

Kediri. Jurnal STIKES RS Baptis, 3(1), 13-18.

Mahifa, A. (2015). Deskripsi faktor penyebab rendahnya kecerdasan spiritual siswa. Skripsi.

Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Mujib, A. & Mudzakir, J. (2002). Nuansa-nuansa psikologi Islam. Jakarta: PT. Grafindo

Persada

Noerpratama, R. A. & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan

motivasi belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Psikologi, 7(2), 214-219.

Nurhidayah. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa program

studi PGSD FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal JPSD, 1(1), 1-21.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis pembelajaran daring terhadap kejenuhan belajar

mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di tengah pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan,

(1), 29-38.

Pujadi, A. (2007). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa: Studi kasus

pada Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia. Business & Management Journal Bunda

Mulia, 3(2), 40-51.

Ramadhani, H. S. (2017). Efektivitas metode pembelajaran scl (student centered learning) dan

tcl (teacher centered learning) pada motivasi instrinsik dan ekstrinsik mahasiswa psikologi

untag surabaya angkatan tahun 2014-2015. Jurnal Psikologi, 6(2), 66-74.

Rumi, F. (2014). Hubungan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar pendidikan agama

islam pada siswa MAN 2 Model Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Saputra, Y. N. (2020). Hubungan spiritualitas dan motivasi belajar mahasiswa teologi. Jurnal

Teologi dan Pendidikan Agama, 6(1), 1-17.

Sardiman, A. M. (2016). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Seftiani, N. A., & Herlena, B. (2018). Kecerdasan spiritual sebagai predictor kesejahteraan

subjektif pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Integratif, 6(1), 101-115.

Setyawan, R. (2015). Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan perkembangan moral pada

mahasiswa fakultas psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Surakarta:

Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sharma, I., & Upadhyaya, A. (2018). Impact of spiritual intelligence and emotional intelligence

on learning with mediating effect of curiosity. Journal Prestige Institute of Research. -(-),

-373.

Siswoyo, H., Suyitno, S., & Marlikan, M. (2012). Kontribusi kinerja mengajar dosen dan media

pembelajaran terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Erudio, 1(1), 29-38.

Solihatin, E. (2012). Upaya peningkatan motivasi belajar melalui dialog kreatif. Jurnal Ilmiah

Mimbar Demokrasi, 11(2), 68-86.

Sukmawati, E. (2009). Hubungan antara kecerdasan spiritual dengan motivasi belajar pada

mahasiswa semerter II Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar. Skripsi. Surakarta:

Universitas Sebelas Maret.

Suryabrata, S. (2014). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Tasmara, T. (2001). Kecerdasan ruhaniah (transcendental intelligence): Membentuk

kepribadian yang bertanggung jawab, professional, dan berakhlak. Jakarta: Gema Insani

Press.

Thalib, M. D. (2020). Pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik terhadap

motivasi belajar pada MAN 2 Kota Pare-Pare. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 221-

Ulya, I. F., Irawati, R., & Maulana. (2016). Peningkatan kemampuan koneksi matematis dan

motivasi belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121-

Wahab, A., & Umiarso. (2014). Kepemimpinan pendidikan dan kecerdasan spiritual.

Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Woolfolk, A. (2009). Educational psychology active learning edition (edisi kesepuluh).

(Soetjipto & Soetjipto, penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zohar, D., & Ian, M. (2000). SQ memanfaatkan kecerdasan spiritual dalam berfikir

integralistik dan holistik untuk memaknai kehidupan. Bandung: Mizan.


Article Metrics

Abstract view : 408 times | PDF view : 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Devi Permatasari, Ahmad Razak, Resekiani Mas Bakar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




Published by:

Fakutas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Office:

Gedung BM, LT 2 Fakultas Psikologi, Kampus Gunung Sari baru. Jalan A.P Pettarani, Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, Pos 90222.