PENGARUH LATIHAN ZIG-ZAG RUN DAN LATIHAN BOOMERANG RUN TERHADAP KELINCAHAN MENGGIRING BOLA DALAM PERMAINAN FUTSAL SISWA SMP NEGERI 10 MAKASSAR.

Hasan Hasan(1*), Nurul Musfira(2), Nadwi Syam(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh latihan zig-zag run dan latihan boomerang run terhadap kelincahan menggiring bola dalam permainan futsal siswa smp negeri 10 makassar, mengetahui perbedaan pengaruh  latihan zig-zag run dan latihan boomerang run terhadap kelincahan menggiring bola, serta untuk mengetahui metode latihan manakah yang lebih efektif untuk kelincahan menggiring bola dalam permainan futsal . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 320 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sample dan sampel berjumlah 80 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes Instrumen Dribbling yang disusun oleh Subagyo Irianto, dkk yang mempunyai validitas 0,779 dan reliabilitas sebesar 0,559.Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis mengunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh latihan zig-zag run terhadap kelincahan menggiring bola dalam permainan futsal siswa smp negeri 10 makassar. Hal itu dibuktikan dengan diperolehnya nilai t sebesar 19,656 dengan signifikansi hitung sebesar 0,000 < 0,05 pada uji paired samples t test terhadap data pretest dan posttest kelincahan dribling bola pada kelompok zig-zag run. Ada pengaruh latihan boomerang run terhadap kelincahan menggiring bola dalam permainan futsal siswa smp negeri 10 makassar. Hal itu dibuktikan dengan diperolehnya nilai t sebesar 28,514 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 pada uji paired sample t test terhadap data pretest dan kelincahan dribling bola pada boomerang run. Terdapat perbedaan yang signifikan antara pengaruh latihan zig-zag run dan latihan boomerang run terhadap kelincahan menggiring bola dalam permainan futsal siswa smp negeri 10 makassar.

Full Text:

PDF

References


Artikel dalam Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1, Vol. 1, No. 1, Edisi Februari 2013, Diakses dari http:// journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel pada tanggal 1 Maret 2014.

Bompa, Tudor. O. (1994). Theory and Methodology of Training. Kendall: Han Publishing Company.

Djoko Pekik Irianto, dkk. (2009). Materi Pelatihan Kondisi Fisik Dasar. Jakarta: Asdep Pengembangan Tenaga Dan Pembina Keolahragaan.

Djoko Pekik Irianto. (2002). Dasar Kepelatihan. Yogyakarta: FIK. Universitas Negeri Yogyakarta.

Eko Anugrahanto. (2012). Pengaruh Latihan Skipping Dan Shuttle Run Terhadap Footwork Bulutangkis Usia 11 – 13 Tahun PB. Surya Tidar Magelang.

Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Yogyakarta. Endang Rini Sukamti. (2007). Perkembangan Motorik. Diktat. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY.

Harsono.(1988). Pengaruh Shuttle Run Dan Zig-Zag Run Terhadap Kelincahan Atlet Sepakbola Usia 13-15 SSB Adiraga Putra Magelang. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/view/creators/Dudut=3A_Ariawan=3A=3A.default.html pada tanggal 1 Maret 2014.

-----------(2001). Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1. Vol. 1, No. 1, Edisi Februari 2013. Diakses dari http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel pada tanggal 1 Maret 2014.

Herman Subardjah. (2000). Bulutangkis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Husdarta & Yudha M. Saputra. (2000). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Nuraini Hardiyanti. (2012). Efektifitas Latihan Hexagon Drill Dan Zig-Zag Run Terhadap Kelincahan Atlet Bulutangkis Putri Usia 10-12 Tahun Di PB. PWS Dan PB. Pancing Sleman. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Remmy Muchtar. (1992). Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1. Vol. 1, No.1, Edisi Februari 2013. Diakses dari http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel pada tanggal 1 Maret 2014.

-----------(1992). Olahraga Pilihan Sepakbola. Jakarta. Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.

Rusli Lutan, Ucup Yusup & Sudradjat Prawirasaputra. (2000). Dasar-dasar Kepelatihan. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sapta Kunta Purnama. (2010). Kepelatihan Bulutangkis Modern. Surakarta: Yuma Pustaka.

Siswantoyo. (2003). Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1. Vol. 1, No. 1, Edisi Februari 2013. Diakses dari http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel pada tanggal 1 Maret 2014.

Sugiyono. (2006). “Statistika untuk Penelitian”. Bandung : Alfabeta.

----------(2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung:CV “Alfabeta”

Suharsimi Arikunto. (2002). “Prosedur Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek”. Edisi Revisi VII. Jakarta: Rieneka Cipta.

Sukadiyanto. (2002). Teori Dan Metodologi Melatih Fisik Petenis. Yogyakarta: FIK. Universitas Negeri Yogyakarta.

-----------(2005). Pengantar Teori Dan Metodologi Melatih Fisik. Yogyakarta: FIK. Universitas Negeri Yogyakarta.

-------=--(2010). Pengantar Teori Dan Metodologi Melatih Fisik. Yogyakarta: FIK. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukintaka. (1992). Permainan dan Metodik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Syahri Alhusin. (2007). Gemar Bermain Bulutangkis. Surakarta: CV “Seti-Aji”.

Tohar. (1992). Olahraga Pilihan Bulutangkis. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.


Article Metrics

Abstract view : 262 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.