PENGARUH LATIHAN MULTIBALL TERHADAP KEMAMPUAN KETEPATAN PUKULAN FORHAND DRIVE CLUB PTMSI SOPPENG

Agus Kurniadi(1*), Nurliati Syamsuddin(2), Abraham Razak(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pengaruh Latihan Multiball Terhadap Kemampuan Ketepatan  Pukulan Forhand Drive Club Ptmsi Soppeng..Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan multiball  terhadap kemampuan ketepatan forehand drive pada club PTMSI Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan desain “Prestest-posttest control group design”. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota atau atlet club PTMSI Soppeng. Teknik sampling yang digunakan adalah purpossive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah atlet pemula berjumlah 20 orang. Bola pertama dimulai dari tes Instrumen kemampuan ketepatan forehand drive mempunyai validitas isi tinggi (CVR = 0.99), reliabilitas 0.95. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t, yaitu dengan membandingkan hasil pretest dengan posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada kemampuan ketepatan pukulan forhand drive atlet melalui  latihan multiball dengan t hitung -7,685 dan p =.000. Berdasarkan hasil analisis data, diskripsi, pengujian hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh latihan multiball  terhadap kemampuan ketepatan forehand drive pada atlet PTMSI Soppeng. Dapat dilihat dari nilai rata-rata kelompok eksperimen, maka diperoleh nilai rata-rata pretest = 41.60 dan nilai rata-rata posttest = 58.80, karena nilai rata-rata pretest lebih kecil dari nilai rata-rata posttest maka terjadi peningkatan kemampuan ketepatan forehand drive sebesar = 17.2, dengan kenaikan persentase sebesar 21.30%.


Full Text:

PDF

References


Syaiful. 2014. Pengaruh Latihan Multiball Terhadap Kemampuan Ketepatan Forehand Drive Pada Mahasiswa Ukm Tenis Meja Universitas Negeri Yogyakarta. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek ). Jakarta: Rineka Cipta.

Atmaja, N. M. K., & Tomoliyus, T. (2015). Pengaruh metode latihan drill dan waktu reaksi terhadap ketepatan drive dalam permainan tenis meja. Jurnal Keolahragaan, 3(1), 56-65.

Bhirawan, R., Purnami, S., & Surendra, M. (2016). Model Latihan Servis Forehand Tenis Meja Untuk Atlet Pemula Usia 12 Tahun Ke Bawah. Jurnal Pendidikan Jasmani, 25(1), 39-47.

Santoso, D. A. D. 2015. Hubungan Pukulan Forehand Dan Footwork Terhadap Kemampuan Bermain Tenis Meja Pada Peserta Ekstrakurikuler Tenis Meja Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman Yogyakarta.

Handoyo, Muji. 2013. Tingkat Keterampilan Forehand Stroke Pesertaekstrakurikuler Tenis Meja Sd Negeri 3 Pengadegan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Skripsi. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta.

Hartono. 2004. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Indramawan, P. I. (2016). Kontribusi Kelincahan, Koordinasi Mata Tangan, Kecepatan Dan Power Lengan Terhadap Ketepatan Forehand Drive Atlet Persatuan Tenis Meja (Ptm) Tt 27 Yogyakarta. Pend. Kepelatihan Olahraga-S1, 1(6).

Pratama, S. A., & Budiman, B. (2017). Hubungan Koordinasi Mata Tangan, Kekuatan Lengan dan Motivasi Berprestasi dengan Ketepatan Forehand dalam Tenis Meja. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 1(1), 11-17.

Setyawan, E., Safari, I., & Akin, Y.2018. Perbandingan Latihan Shadow Dengan Latihan Multiball Terhadap Frekuensi Pukulan Forehand Drive Tenis Meja. SpoRTIVE, 1(1), 241-250.

HELMI, B. (2017). Penerapan Variasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pukulan Forehand Drive Permainan Tenis Meja Pada Siswa Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Al Abraar Perusahaan Terbatas Perkebunan Nusantara Ii Tandem Hilir I Tahun Ajaran 2015/2016. Volume 4 no 2, September 2016, 4(2), 65-77.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wildani, L. Z., & SUnardianta, R. (2018). Pengaruh Latihan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Ketepatan Pukulan Forehand Dan Backhand Peserta Ekstrakurikuler Tenis Meja Di Mtsn Pacitan. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 7(2).

Zuilendra, R., & Wijayanti, N. P. N. (2017). Pengaruh Latihan Multiball Terhadap Keterampilan Pukulan Backhand Drive Atlet Putra Tenis Meja Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pelajar (Pplp) Riau. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1-13.


Article Metrics

Abstract view : 108 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.