FENOMENA BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH (STUDI KASUS PADA SISWA DI UPT SPF SMP NEGERI 55 MAKASSAR)

Astuti Astuti(1*), Andi Dody May Putra Agustang(2),

(1) Universitas Negeri makassar
(2) Universitas Negei Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Apa yang menyebabkan fenomena bullying pada siswa terus terjadi di UPT SPF SMP Negeri 55 Makassar. 2) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi masalah bullying yang terjadi pada siswa di UPT SPF SMP Negeri 55 Makassar. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yakni memahami dan menyelidiki masalah yang terjadi secara mendalam. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 16 orang dengan kriteria yakni: 1) guru, 2) siswa yang menjadi korban bully dan 3) siswa yang menjadi pelaku bully. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan data menggunakan member check dan melakukan analisis data dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penyebab fenomena bullying pada siswa terus terjadi di UPT SPF SMP Negeri 55 Makassar yaitu; a) pola intekrasi sosial yang kurang baik antar siswa, b) kurangnya komunikasi interpersonal dari siswa (korban bully) dengan guru, c) lemahnya sanksi yang diberikan sekolah terhadap siswa yang menjadi pelaku bully, dan d) lingkungan bermain dan teman sebaya. 2) Upaya guru dalam mengatasi masalah bullying yang terjadi pada siswa di UPT SPF SMP Negeri 55 Makassar yaitu; a) memberikan sosialisasi mengenai bully secara rutin kepada siswa di lingkungan sekolah, dan b) meningkatkan kualitas pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler guna membangun karakter siswa menjadi lebih positif.


Keywords


Fenomena; Bullying; Siswa; Sekolah

Full Text:

PDF

References


Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649–658.

Agung, D. (2019). Lingkungan sekolah sebagai penyebab terjadinya bullying. https://buletin.k-pin.org/index.php/arsip-artikel/464-lingkungan-sekolah-sebagai-penyebab-terjadinya-bullying

Alis, R. (2023). Pentingnya memberikan pengetahuan atau sosialisasi tentang bahaya pembullyan kepada siswa di sekolah. https://mitrapalupi.com/pentingnya-memberikan-pengetahuan-atau-sosialisasi-tentang-bahaya-pembullyan-kepada-siswa-di-sekolah/

Anggraini, N. (2021). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Banding Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung SelataN. UIN Raden Intan Lampung.

Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Analisis dampak pemberian reward and punishment bagi siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).

Arifin, Z. (2014). Sosiologi Pendidikan. Anugrah Mandiri.

Azmi, M. Y. N. (2023). Sosialisasi bullying (perundungan) sebagai upaya pencegahan terjadinya kekerasan di SD Negeri 1 Argosuko. TAFANI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 25–38.

BP, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., & Karlina, Y. (2022). Yumriani.“Pengertian Pendidikan. Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam ISSN, 2, 1–8.

Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di sekolah: Pengertian, dampak, pembagian dan cara menanggulanginya. Pedagogia, 17(1), 55–66.

Erwinsyah, A. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Sebagai Salah Satu Teknologi Dalam Pembelajaran. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 80–94.

Hastuti. (2021). “Persepsi Masyarakat Terhadap Kepemimpinan Kepala Desa Perempuan Di Desa Alesipitto Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep.” Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Lestari, W. S. (2016). Analisis faktor-faktor penyebab bullying di kalangan peserta didik (studi kasus pada siswa smpn 2 kota tangerang selatan).

Lorensia, N., & Setyanto, Y. (2018). Pendekatan Komunikasi Antarpribadi Guru dalam Menangani Siswa Bermasalah (Studi Hubungan Guru dan Siswa di SMK Negeri 1 Jakarta). Jurnal Untar, 2(2), 500–506.

Mataputun, Y., & Saud, H. (2020). Analisis komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri remaja. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(1), 32–37.

Maunah, B. (2016). Pendidikan dalam perspektif struktural fungsional. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), Pp.159-178.

Mulki, M. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TIMBULNYA PERILAKU BULLYING VERBAL PADA SISWA SMP N 16 KERINCI. UNIVERSITAS JAMBI.

Nisa, N. (2019). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Dalam Mengatasi Perilaku Bullying di SMP Negeri 2 Lubuk Pakam. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).

Nurfirdaus, N., & Hodijah, N. (2018). Studi tentang peran lingkungan sekolah dan pembentukan perilaku sosial siswa SDN 3 Cisantana. Jurnal Ilmiah Educater, 4(2), 113–129.

Oktafia, N. (2022). Manfaat kegiatan ektrakulikuler untuk siswa. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/manfaat-kegiatan-ekstrakurikuler-untuk-siswa

Prayogo, M. R. (2022). Interaksi Sosial Pasangan Nikah Beda Agama Dengan Masyarakat Sekitar Di Desa Pojok Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. IAIN KEDIRI.

Putri, H. N., & Nauli, F. A. (2015). Faktor–faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying pada remaja. Riau University.

Saeful, P. (2009). Penelitian kualitatif. Malang. Jurnal Equilibrium, 5(9), 1–8.

Septiyuni, D. A., Budimansyah, D., & Wilodati, W. (2015). Pengaruh kelompok teman sebaya (peer group) terhadap perilaku bullying siswa di sekolah. Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 5(1).

Sulfitri, H. (2021). Pentingnya Komunikasi.

Wirastuti, L. (2020). Manajemen Kelas Dan Manajemen Pembelajaran: Dampaknya Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran Pada Smp Negeri Di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. Edum Journal, 3(1), 11–18.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan karakter: landasan, pilar & implementasi. Prenada Media.


Article Metrics

Abstract view : 9 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Astuti Astuti, Andi Agustang, Andi Agustang, Andi Dody May Putra Agustang, Andi Dody May Putra Agustang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.