PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP SISWI YANG GEMAR MENGONSUMSI MIRAS DI KECAMATAN LAROMPONG KABUPATEN LUWU

Alfian Alfian(1*), Zainal Arifin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Persepsi masyarakat terhadap perilaku siswi yang gemar mengonsumsi minuman keras di Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu dan 2) Dampak minuman keras terhadap siswi dan masyarakat di Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan konstruksi sosial. Teknik penentuan informan menggunakan teori purposive sampling. Jumlah informan sebanyak 6 orang siswi dan 5 penduduk di Kecamatan Larompong, yaitu: a) Berstatus sebagai siswi, b) Tokoh masyarakat Kecamatan Larompong, c) Masyarakat yang berdomisili di Kecamatan Larompong. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Persepsi masyarakat terhadap perilaku siswi yang gemar mengonsumsi minuman keras di Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, yaitu: a) Pelanggaran terhadap norma sosial, dan b) Kekhawatiran terhadap dampak kesehatan dan perkembangan anak. 2) Dampak minuman keras terhadap siswi dan masyarakat di Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, yaitu: a) Kecanduan, b) Hubungan kurang harmonis, dan c) Menurun minat belajar dan prestasi sekolah.


Keywords


Minuman Keras; Siswi; Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz, A. Z., & Rana, M. (2019). PANCASILA DAN KERAGAMAN KEHIDUPAN MASYARAKAT DI INDONESIA Implementasi Nilai-nilai Pancasila pada Kehidupan Masyarakat di Indonesia.

Annisa, A. R., Anas, M., & Fadhilah Umar, N. (2023). Analisis dan Penanganan Perilaku Minuman Keras Pada Remaja: Studi Kasus pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal of Art, Humanity and Social Studies, 3(2), 227–236.

Burlian, P. (2022). Patologi sosial. Bumi Aksara.

Huberman, A. (2014). Qualitative data analysis a methods sourcebook.

Ibrahim, J. T. (2019). Sosiologi Pedesaan. UMMPress.

Kadafi, M. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Penjual Minuman Keras Di Kampung Bontolabbere Kabupaten Pangkep. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Kurnia, L., & Edwar, A. (2021). PENGARUH NEGATIF DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA REMAJA (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM). Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 20(2), 291–308.

Manalu, R. S. (2020). Analisis Kriminologis Terhadap Kenakalan Remaja Dalam Penyalahgunaan Zat Adiktif Di Kecamatan Lubuk Dalam Kabupaten Siak. Universitas Islam Riau.

Miradj, S. (2020). Dampak Minuman Keras Terhadap Perilaku Generasi Muda (Gamsungi Kecamatan Ibu Selatan Kabupaten Halmahera Barat). AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender Dan Agama, 14(1), 65–86.

Ngangi, C. R. (2011). Konstruksi sosial dalam realitas sosial. Agri-Sosioekonomi, 7(2), 1–4.

Ruman, Y. S. (2009). Keteraturan sosial, norma dan hukum: Sebuah penjelasan sosiologis. Jurnal Hukum Prioris, 2(2), 106–116.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–228.

Sugiyono, P. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan Ke). CV Bandung: Alfabeta, 87–93.

Sulaiman, A. (2016). Memahami Teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger. Society, 4(1), 15–22.

Suryadin, A. (2020). Suryadin, A. (2020). Pola Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Di Kabupaten Bangka Barat. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 13(1), 1-14., 13(1), 1–14.


Article Metrics

Abstract view : 8 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alfian Alfian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.