Penerapan Pembelajaran Program Inklusi Di UPT SMAN 3 Luwu Timur Dan UPT SLB Taman Pelangi Sorowako

Nur Mifta(1*), Zainal Arifin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran penerapan pembelajaran program inklusi di UPT SMAN 3 Luwu Timur dan UPT SLB Taman Pelangi Sorowako, dan 2) Faktor penghambat penerapan pembelajaran program inklusi di UPT SMAN 3 Luwu Timur dan UPT SLB Taman Pelangi Sorowako. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 7 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu guru UPT SMAN 3 Luwu Timur dan guru UPT Sekolah Luar Biasa (SLB) Taman Pelangi Sorowako, serta kepala sekolahnya yang tergolong berperan dalam program pendidikan inklusi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data terdiri dari kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran penerapan pembelajaran program inklusi di UPT SMAN 3 Luwu Timur dan UPT SLB Taman Pelangi Sorowako, terdiri dari: a) Kesiapan pembelajaran, b) Pelaksanaan pembelajaran, c) Menguji kemampuan siswa, dan d) Evaluasi dan refleksi. 2) Faktor penghambat penerapan pembelajaran program inklusi di UPT SMAN 3 Luwu Timur dan UPT SLB Taman Pelangi Sorowako, yaitu: a) Perlu tenaga pendidik atau guru yang profesional, dan b) Perlu bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa.


Keywords


Pembelajaran Inklusi; anak berkebutuhan khusus (ABK)

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Ahmad, A., Sari, A. J. T., Wardana, A. H., Rosyid, M. N. I., Widianto, E., & Rasyad, A. (2022). TREN PERKEMBANGAN PENDIDIKAN NON-FORMAL. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 7(2), 76–82.

Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2018). Pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus dalam perspektif epistemologi Islam. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 57–71.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Hidayat, R., & Abdillah, A. (2019). Ilmu pendidikan: konsep, teori dan aplikasinya.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Maftuhatin, L. (2014). Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelas Inklusif di SD Plus Darul’ulum Jombang. Religi: Jurnal Studi Islam, 5(2), 201–227.

Mahesa, G. B., & Damri, Y. A. (2013). Perencanaan pembelajaran oleh guru di SMP Negeri 23 Padang dalam setting inklusi. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(3).

Nurwindah, N., & Torro, S. (2020). Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Menciptakan Sekolah yang Menyenangkan di SMA Negeri 3 Takalar. Jurnal Sosialisasi, 7(2), 39–46.

Putra, P. H. (2019). Tantangan pendidikan islam dalam menghadapi society 5.0. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 99–110.

Rukhmana, T., Darwis, D., IP, S., Alatas, A. R., SE, M. M., Tarigan, W. J., Mufidah, Z. R., Muhamad Arifin, M. H. I., Cahyadi, N., & S ST, M. M. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. CV Rey Media Grafika.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.

SAYYIDAH, I. (2017). PENYELENGGARAAN SISTEM PENDIDIKAN INKLUSI: STUDI TENTANG PENERIMAAN SOSIAL WARGA SEKOLAH UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN 05 KEMBANGAN UTARA JAKARTA BARAT. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Sholawati, S. A. (2019). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Inklusi Pada Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Kalirungkut-1 Surabaya. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 37–53.

Yunita, E. I., Suneki, S., & Wakhyudin, H. (2019). Manajemen pendidikan inklusi dalam proses pembelajaran dan penanganan guru terhadap anak berkebutuhan khusus. International Journal of Elementary Education, 3(3), 267–274.


Article Metrics

Abstract view : 16 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Mifta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.