IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WONOMULYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Wilfan Wilfan(1*), Zainal Arifin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana Proses Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar dan 2) Faktor Penghambat Dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 14 orang, guru dan siswa-siswi kelas X SMA Negeri 1 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Penentuan informan ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu: 1) wakasek bidang kurikulum SMA Negeri 1 Wonomulyo, 2) guru/fasilitator P5 yang mengajar di kelas X, 3) peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Wonomulyo. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) Proses Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar terdiri dari beberapa tahap yaitu: a) Tahap perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila. b) Tahap pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila, dan c) Tahap evaluasi projek penguatan profil pelajar pancasila. 2) Faktor Penghambat Dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar yaitu: a) Alokasi waktu dan b) Alokasi dana.


Keywords


Projek penguatan profil pelajar pancasila; faktor penghambat

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. A. (2017). Manajemen pembiayaan pendidikan tinggi dalam upaya peningkatan mutu (Studi kasus pada perguruan tinggi swasta menengah di Surabaya). Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 87–99.

Daniel, D., Torro, S., & Ahmad, M. R. S. (2023). Persepsi Kepala Sekolah Mengenai Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak di Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 1–11.

Darman, R. A. (2021). Telaah Kurikulum. Guepedia.

Haryono, M., Bendriyanti, R. P., Nurwita, S., & Fransisca, R. (2023). Kunci Sukses Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Bakti Nusantara Linggau: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–6.

Kurniawan, S. T. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter sebagai Upaya Pembudayaan dan Pelembagaan Nilai-Nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Generasi Muda. REFLEKSI 20 TAHUN REFORMASI PENDIDIKAN, PENGAJARAN, DAN KEBUDAYAAN, 94.

Kusnadi, R. N. A. (2017). Pembelajaran Menganalisis Teks Anekdot dengan Menggunakan Metode Paradigma Kritis pada Siswa Kelas X SMK Pakuan Lembang Tahun Pelajaran 2016/2017. FKIP UNPAS.

Maunah, B. (2016). Pendidikan dalam perspektif struktural fungsional. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), Pp.159-178.

Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UPN” Veteran ….

Priyanti, N., Apriansyah, C., Kartini, R. D., Padilah, N., Budiarti, T. R., Kurniawati, R., Naruvita, S. R., Indrawati, Y., Wahyuningsih, S. E., & Rubiah, S. A. (2023). PKM Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Melalui Workshop Membuat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di IGTKI Kecamatan Duren Sawit DKI Jakarta. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5815–5823.

Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(2), 76–87.

Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187.

Rohmatika, D. (2023). Kebijakan merdeka belajar dan implikasinya dalam pembelajaran di sekolah menengah atas. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(1), 92–103.

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek penguatan profil pelajar pancasila: Sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086.

Sofiyana, M. S., Ahdiyat, M., Iskandar, A. M., Hairunisya, N., Usriyah, L., Dwiantara, L., Ariani, B., Izzati, F. A., Muryani, E., & Gunawan, B. P. (2021). PANCASILA, Merdeka Belajar dan Kemerdekaan Pendidik. Unisma Press.

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132.


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 wilfan .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.