Persepsi Siswa Kelas XII Terhadap Guru Yang Ideal Di UPT SMA Negeri 9 Sinjai
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana persepsi siswa kelas XII terhadap guru yang ideal di UPT Sma Negeri 9 Sinjai 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi siswa kelas XII terhadap guru yang ideal Di UPT SMA Negeri 9 Sinjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 15 orang (10 perempuan dan 5 laki-laki) yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu: 1) Siswa UPT SMA Negeri 9 Sinjai 2) Siswa kelas XII jurusan IPA Dan IPS. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) bagaimana persepsi siswa kelas XII terhadap guru yang ideal di UPT SMA Negeri 9 Sinjai meliputi; 1)komunikasi yang efektif 2)keterampilan mengajar 3)memahami kebutuhan siswa 4)menginspirasi dan memotivasi siswa 5)menghargai keberagaman 6)ketersediaan dan kepedulian. 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi siswa kelas XII terhadap guru yang ideal Di UPT SMA Negeri 9 Sinjai meliputi; 1)kualitas pengajaran 2)kepedulian dan perhatian 3)kemampuan membangun hubungan 4)keberagaman pendekatan pengajaran 5)komunikasi efektif 6)kemampuan menginspirasi 7)konsistensi dan keadilan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Awaru, A. O. T. (2023). Peran Guru dan Orang Tua dalam Mengimplementasikan Pendidikan Multikultural. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(03), 1147–1154.
Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106–124.
Hamdayama, J. (2022). Metodologi pengajaran. Bumi Aksara.
Harapan, E., Pd, M., Ahmad, S., & MM, D. (2022). Komunikasi antarpribadi: Perilaku insani dalam organisasi pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Mahadi, U. (2021). Komunikasi pendidikan (urgensi komunikasi efektif dalam proses pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80–90.
Mariyastini, S. A. P., Sendratari, L. P., & Margi, I. K. (2019). Persepsi Siswa tentang Guru Sosiologi Ideal (Studi Kasus Pada SMA di Kota Singaraja, Bali). Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 1(2), 137–148.
Nikmah, L. (2021). Guru Pembelajar, Guru Ideal. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 1(2), 305–316.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.
Sastrawati, N. (2019). Partisipasi politik dalam konsepsi teori pilihan rasional James S Coleman. Al-Risalah, 19(2), 187–197.
Shaleh, A. R., & Abdul, P. (2009). Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Cet. IV. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.
Sulfitri, H. (2021). Pentingnya Komunikasi.
Sumanto, M. A. (2014). Pisikologi Umum. Media Pressindo.
Syarnubi, S. (2019). Guru yang bermoral dalam konteks sosial, budaya, ekonomi, hukum dan agama (Kajian terhadap UU No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen). Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 21–40.
Tarmiji, T., Basyah, M. N., & Yunus, M. (2016). Persepsi Siswa terhadap Kesiapan Guru dalam Proses Pembelajaran (Studi pada SMP Negeri 18 Banda Aceh). Syiah Kuala University.
Article Metrics
Abstract view : 5 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Andi Fani Destafiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.