Implementasi Program Budaya Baca Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di UPT SMAN 2 Enrekang

Hasnawati Kadir(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tahapan pelaksanaan program budaya baca dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran sosiologi di UPT SMAN 2 Enrekang dan 2) Faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan budaya baca pada mata pelajaran sosiologi di UPT SMAN 2 Enrekang 3) Dampak program budaya baca pada mata pelajaran sosiologi terhadap peningkatan pemahaman siswa . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 16 orang (1 Guru dan 15 siswa) yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria guru dan siswa yaitu: 1) Guru Sosiologi UPT SMAN 2 Enrekang yang menerapkan program budaya baca, 2) Siswa yang diajar oleh guru tersebut. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tahapan pelaksanaan program budaya baca dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran sosiologi di UPT SMAN 2 Enrekang, terdiri dari 3 tahapan yaitu: tahap pra baca (awal), tahap membaca (inti), dan  tahap pasca baca (akhir). 2). Faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan budaya baca mata pelajaran sosiologi di UPT SMAN 2 Enrekang. Pertama yaitu faktor penghambatnya adalah a) keterampilan membaca siswa yang berbeda b) minat baca yang rendah. Kedua faktor pendukung yaitu: a) sarana dan prasarana yang memadai, b) adanya dorongan dan motivasi dari guru mata pelajaran sosiologi. 3) Dampak program budaya baca terhadap peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran sosiologi yaitu a) siswa cenderung memiliki kebiasaan membaca pada proses pembelajaran sosiologi b) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


budaya baca, pemahaman siswa, mata pelajaran sosiologi siswa di UPT SMAN 2 Enrekang

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus dkk. 2017. Pembelajaran literasi strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains membaca dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara

Anwar, Saiful dkk. 2017. Pembelajaran IPS berbasis literasi (Gerakan literasi sekolah tahap pembelajaran) pada kelas VIII di SMPN Banyubiru. Jurnal pembelajaran IPS: Sosiolium (2)2

Ardiyanti, Lia. 2015. Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui metode kata Lembaga siswa kelas 1 SD Karanggayam. Jurnal Pendidikan guru sekolah dasar. 3(4)

Carmila, Febi Resvi dan Ramadan, Zaka Hadikusuma. 2023. Implementasi Literasi Membaca dalam Pembelajaran di Kelas 5B Pasca Covid-19 SD Negeri 141 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan 5(4)

Fuady, Amir dkk. 2012. Pembuatan peta semantik kegiatan prabaca untuk meningkatkan kemampuan memahami bacaan siswa sekolah menengah. Jurnal penelitian Bahasa,sastra Indonesia dan pengajaran, 1(1).

Herman. 2020. Model pembelajaran berbasis literasi di Madrasah. Jurnal Pendidikan, hukum dan sosial keagamaan 13(2)

Munir, S., Hidayatullah, A. 2019. Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam Meningkatkan Minat dan Budaya Baca di Kabupaten Ciamis. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 3(1), 23-29

Muhammad,Eqtafa Berrasul dkk. 2019. Pengaruh Budaya Membaca Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMP Islam Al- Syukro Universal Ciputat. Jurnal Pendidikan Islam. 1(2)

Rahmawati. 2020. Implementasi Program Literasi Dalam Menanamkan Karakter Gemar Membaca siswa di SDN Kangenan 1 Pamekasan. Skripsi

Rahmi, Riza dkk. 2023. Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 9 Lhoksukon. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. 8(2)

Sari, Mamisya Yunia. 2020. Permasalahan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi S1. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sidiq, Umar dan Choiri Miftahul. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya

Zusnita, Siti Yulia dan Badriyah,Lailatul. 2021. Implementasi pembelajaran berbasis litersi dalam menumbuhkan minat baca peserta didik di SD Negeri 4 Pecangaan. Jurnal Pendidikan dasar. 3 (2)


Article Metrics

Abstract view : 5 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hasnawati Kadir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.