Dinamika Konflik Masyarakat Pada Pembangunan Bendungan Di Desa Kale Ko'mara Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar

Nurwahidah Ismail(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui; 1) Gambaran dinamika konflik masyarakat pada pembangunan Bendungan Pamukkulu Kabupaten Takalar, 2) Peran para aktor dalam pembangunan bendungan Pammukulu di Desa Kale Ko’mara Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Jumlah Informan dalam penelitian ini sebanyak 9 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling Informan penelitian terdiri dari Masyarakat Desa Kale Ko’mara, aparat desa, dan pihak BPN Takalar. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Gambaran dinamika konflik masyarakat dalam pembangunan Bendungan Pammukkulu yaitu Ketidaksepakatan perubahan penetapan harga lahan (tahapan pra-konflik), kemudian menjadi aksi demonstrasi penolakan (tahapan konfrontasi), boikot paksa akses jalan dan kegiatan (tahapan puncak konflik) dan ditetapkannya kembali pada harga penawaran lahan awal secara legal-formal (tahapan pasca konflik). 2) Peran para aktor dalam penyelesaian konflik Pembangunan Bendungan Pammukulu Kabupaten Takalar, yaitu (a) sebagai komunikator, (b) sebagai negosiator, (c) konsiliator, (d) sebagai mediator, dan (e) sebagai motivator

Keywords


Dinamika konflik; pembebasan lahan; bendungan pammukulu, masyarakat, mahasiswa, BPN.

Full Text:

PDF

References


Fisher, S. et al. (2000) ‘Mengelola konflik: ketrampilan dan strategi untuk bertindak’.

Gunawan, I. (2022) Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.

Hanifah, M. (2016) ‘Kajian Yuridis: Mediasi Sebagai Alternatif Penyelesaian Sengketa Perdata Di Pengadilan’, ADHAPER: Jurnal Hukum Acara Perdata, 2(1), pp. 1–13.

Hermawan, D.A. (2023) ‘Studi Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pengadaan Tanah Dan Pengaruhnya Terhadap Waktu Pelaksanaan Proyek Pembangunan Bendungan Bagong Paket 1 Di Kabupaten Trenggalek (MYC)’. Universitas Islam Indonesia.

Irwandi, I. and Chotim, E.R. (2017) ‘Analisis konflik antara masyarakat, pemerintah dan swasta’, JISPO Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7(2), pp. 24–42.

Nida, F.L.K. (2014) ‘Persuasi dalam media komunikasi massa’, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 2(2), pp. 77–95.

Prabowo, H. (2022) ‘Birokrasi dan Pelayanan Publik’. Bimedia Pustaka Utama.

Puspita, W. (2018) Manajemen Konflik: Suatu Pendekatan Psikologi, Komunikasi, dan Pendidikan. Deepublish.

Ramly, A. (2020) ‘Amin Ramly Konflik Sosial Terhadap Perebutan Kekuasaan Kepala Desa’, HIPOTESA-Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(1), pp. 33–51.

Rukajat, A. (2018) Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.

Rusli, T. (2018) ‘Analisis pelaksanaan konsinyasi ganti rugi pada pengadaan tanah’, Keadilan Progresif, 9(1).

Susan, N. (2019) Sosiologi konflik: teori-teori dan analisis. Kencana.

Syarief, M.A. (2016) ‘Konstribusi Tokoh Masyarakat Dalam Menjalankan Perannya Pada Pemilihan Kepala Desa di Desa Muara Badak Ulu Kecamatan Muara Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2013’, E-Journal Ilmu Komunikasi, 4(3), pp. 1–14.

Tampubolon, Y.D. (2021) ‘Sengketa Terhadap Peralihan Hak Tanggungan Kepada Pihak Ketiga Dalam Perjanjian Kredit Perbankan’, Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 19(1), pp. 132–149.

Unaradjan, D.D. (2019) Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurwahidah Ismail

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.