Peranan Pengurus OSIS Dalam Meningkatkan Kepekaan Sosial Siswa Di SMAN 1 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar

Rafiqah Azzahra(1*), Andi Sadriani(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peranan pengurus OSIS dalam meningkatkan kepekaan sosial siswa di SMAN 1 Campalagian dan 2) Faktor pendukung dan penghambat pengurus OSIS dalam meningkatkan kepekaan sosial siswa di SMAN 1 Campalagian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 14 orang (11 pengurus OSIS dan 3 siswa bukan pengurus OSIS) yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu: 1) Siswa yang masuk OSIS di SMAN 1 Campalagian, 2) Siswa pengurus OSIS yang memiliki jabatan sebagai anggota inti dan perwakilan tiap seksi, 3) Siswa bukan pengurus OSIS di SMAN 1 Campalagian pada tingkat kelas X, XI dan XII masing-masing perwakilan 1 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peranan pengurus OSIS dalam meningkatkan kepekaan sosial siswa, yaitu: a) Sebagai fasilitator melaksanakan kegiatan sosial, b) Sebagai motivator, dan c) Sebagai pencegah perilaku menyimpang. 2) Faktor pendukung pengurus OSIS dalam meningkatkan kepekaan sosial siswa di SMAN 1 Campalagian yaitu: a) dukungan pihak terkait, dan b) sarana dan prasarana yang memadai sedangkan faktor penghambatnya yaitu: a) keterbatasan waktu dan b) pola perilaku siswa.

 


Keywords


peranan pengurus OSIS; Kepekaan sosial; siswa di SMAN 1 Campalagian

Full Text:

PDF

References


Hadi, Imam Anas. 2017. Pentingnya Pengenalan Tentang Perbedaan Individu Anak Dalam Efektivitas Pendidikan. Jurnal Inspirasi. 1(1)

Megawati, Nia Wida dan Olievia Prabandini Mulayana. 2014. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Semangat Kerja Dalam Berorganisasi Pada Pengurus OSIS SMA. Jurnal Character. 2(3)

Pitoewas, Berchah dkk. 2020. Analisis Kepekaan Sosial Generasi (Z) Di Era Digital dalam Menyikapi Masalah Sosial. Jurnal Bhineka Tunggal Ika. 7(1)

Pertiwi, Novi Putri dkk. 2019. Peningkatan Kepekaan Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Hoom Room Pada Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogja..2(2)

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wijayanti, Erika. 2021. Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di MA Muhammadiyah 04 Beton Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo). Skripsi S1. Ponorogo: Institut Agama Islam Ponorogo.

Yusmuliadi dan Andi Agustang. 2021. Peranan OSIS Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa Di SMA Negeri 3 Barru. Phinisi Journal Of Sociology Education Review. 1(3).


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rafiqah Azzahra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.