PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DALAM MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN BELAJAR (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM DAN FAKULTAS ILMU EKONOMI DAN BISNIS UNM)

Bagaskara Bagaskara(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bentuk program kampus mengajar dalam mewujudkan kemandirian belajar (studi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum dan Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis UNM) dan 2) Dampak program kampus mengajar dalam mewujudkan kemandirian belajar mahasiswa (studi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum dan Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis UNM). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang, terdiri dari mahasiswa kampus Gunung Sari UNM yang telah mengikuti program kampus mengajar kampus merdeka. Penentuan informan ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu : 1) Mahasiswa aktif kuliah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum yang telah mengikuti program kampus mengajar, 2)Mahasiswa aktif kuliah Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang telah mengikuti program kampus mengajar. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode member check. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Bentuk program kampus mengajar dalam mewujudkan kemandirian belajar (studi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum dan Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis UNM) dengan indikator yaitu :a) Program kerja kegiatan umum, b) Program kerja kegiatan mengajar, c) Program kerja adaptasi IT dan, d) Program kerja kegiatan administrasi dapat mewujudkan kemandirian belajar. 2) Dampak program kampus mengajar dalam mewujudkan kemandirian belajar mahasiswa (studi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum dan Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis UNM) dengan indikator yaitu: a) Penetapan tujuan belajar, b) Keterampilan belajar, c) Pendekatan ilmiah dalam belajar dan, d) Standar keberhasilan dalam belajar dapat mewujudkan kemandirian belajar.

Keywords


kampus mengajar; kemandirian belajar; mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Anggito, A. and Setiawan, J. (2018) Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Al Aslamiyah, T., Setyosari, P. and Praherdhiono, H. (2019) ‘Blended learning dan kemandirian belajar mahasiswa teknologi pendidikan’, Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), pp. 109–114.

Aspi, M. and Syahrani, S. (2022) ‘Profesional guru dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi pendidikan’, Adiba: Journal of Education, 2(1), pp. 64–73.

Awaru, A.O.T. (2023) ‘Peran Guru dan Orang Tua dalam Mengimplementasikan Pendidikan Multikultural’, COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(03), pp. 1147–1154.

Manurung, R.N.N. (2022) ‘Peran program merdeka belajar dalam meningkatkan kemandirian mahasiswa melalui kampus mengajar’, Journal on Education, 5(1), pp. 591–600.

Meke, K.D.P., Astro, R.B. and Daud, M.H. (2022) ‘Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia’, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), pp. 675–685.

Ranti, M.G., Budiarti, I. and Trisna, B.N. (2017) ‘Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar’, Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), pp. 75–83.

Shabrina, L.M. (2022) ‘Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 6(1), pp. 916–924.

Suwanti, V. et al. (2022) ‘Analisis dampak implementasi program mbkm kampus mengajar pada persepsi mahasiswa’, JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), pp. 814–822.

Thahery, R. (2023) ‘Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Society 5.0’, Technical and Vocational Education International Journal (TAVEIJ), 3(1), pp. 10–21.

Tohir, M. (2020) ‘Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka’.

Triwiyanto, T. (2022) Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.

Vhalery, R., Setyastanto, A.M. and Leksono, A.W. (2022) ‘Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah kajian literatur’, Research and Development Journal of Education, 8(1), pp. 185–201.

Widiyono, A., Irfana, S. and Firdausia, K. (2021) ‘Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar’, Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2).

Yusnita, N.C. and Muqowim, M. (2020) ‘Pendekatan Student Centered Learning dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Mandiri Anak di TK Annur II’, Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), pp. 116–126.


Article Metrics

Abstract view : 5 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bagaskara Bagaskara, A. Octamaya Tenri Awaru, Zainal Arifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.