INTERAKSI SOSIAL DALAM TRADISI MANGSERBU PADA ACARA PERKAWINAN DI DESA SIAMBO KECAMATAN ANGGERAJA KABUPATEN ENREKANG

Muhammad Jusmirad(1*), Zainal Arifin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bentuk interaksi sosial asosiatif yang terjadi pada tradisi mangserbu di Desa Siambo Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang dan 2) Dampak interaksi sosial tradisi mangserbu pada generasi di Desa Siambo Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 5 orang masyarakat dan 3 orang generasi muda yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria masyarakat yaitu: 1) Warga asli Desa Siambo Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang, 2) Tokoh Masyarakat Desa Siambo, dan 3) terlibat dalam pelaksanaan tradisi mangserbu atau menjadi koordinator pelaksana, dan kriteria generasi muda yaitu: 1) Berusia diatas 17 tahun, 2) Aktif terlibat dari awal sampai akhir proses tradisi mangserbu, dan 3) memiliki pengetahuan umum tentang penggelaran tradisi mangserbu. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk interaksi sosial asosiatif yang terjadi pada tradisi mangserbu di Desa Siambo Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang, yaitu a) Solidaritas masyarakat, b) Gotong-royong masyarakat dan c) Kerjasama dan kolaborasi masyarakat, sedangkan 2) Dampak interaksi sosial tradisi mangserbu pada generasi di Desa Siambo Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang yaitu; a) Perkembangan identitas budaya, b) Keterampilan dan kemandirian Sosial, dan c) Partisipasi dalam masyarakat.


Keywords


asosiatif; generasi; interaksi sosial; mangserbu; tradisi.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Q. (2020). Riset Budaya: Mempertahankan Tradisi Di Tengah Krisis Moralitas.

Agustian, M. (2019). Pendidikan Multikultural. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Amalia, D. R., Alfitri, A., & Yunindyawati, Y. (2021). Solidaritas di Antara Pengrajin Songket: Suatu Tinjauan terhadap Teori Solidaritas Emile Durkheim di Desa Muara Penimbung, Kecamatan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Empirika, 5(1), 58–68.

Ardiwidjaja, R. (2018). Arkeowisata: Mengembangkan daya tarik pelestarian warisan budaya. Deepublish.

Arifin, Z., Torro, S., & Harifayanti, F. W. (2021). The Relationship of the Level of Family Harmony to the Social Behavior of Students High School. family life, 1, 2.

Fathy, R. (2019). Modal sosial: Konsep, inklusivitas dan pemberdayaan masyarakat. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 6(1), 1–17.

Fuadi, A. (2020). Keragaman dalam dinamika sosial budaya kompetensi sosial kultural perekat bangsa. Deepublish.

Isan, D., & Nasir, B. (2023). DAMPAK PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PERILAKU REMAJA DI DESA LONG URO KECAMATAN KAYAN SELATAN KABUPATEN MALINAU.

Latifa, R., & Fahri, M. (2022). Moderasi Beragama: Potret Wawasan, sikap dan intensi masyarakat. Rajawali Press.

Purwanto, A. (2022). Tradisi Unggahan Sebagai Proteksi Identitas Kultural Komunitas Bonokeling Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas. UIN PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI.

Putra, A. A., Imran, I., & Al Hidayah, R. (2019). Interaksi Sosial Asosiatif Antar Penghuni Asrama Mahasiswa Kabupaten Landak Di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(8).

Rato, F. S. (2021). Tradisi Kumpul Kope Sebagai Bentuk Solidaritas Sosial Pada Masyarakat Cepang Kecamatan Satarmese Kabupaten Manggarai. Jurnal Sejarah, 18(1), 68–81.

Sudariyanto, S. P. (2020). Interaksi Sosial. Alprin.

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.

Tenri Awaru, A. O. (2021). Sosiologi Keluarga. PENERBIT MEDIA SAINS INDONESIA.

Wibowo, M. E. (2018). Konseling Multikultural di Abad-21.


Article Metrics

Abstract view : 80 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Jusmirad, Zainal Arifin, Muhammad Syukur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.