IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN BULUKUMBA

Andi Gheby Ratulangi Alim(1*), Zainal Ariifin(2),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi pendekatan saintifik dalam mewujudkan kemandirian belajar siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bulukumba dan 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendekatan saintifik dalam mewujudkan kemandirian belajar siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yang terdiri dari guru sosiologi yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria guru yaitu : a) Guru sosiologi, b) Guru yang menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran, c) Guru yang telah mengikuti pelatihan, d) guru sosiologi yang telah tersertifikasi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran sosiologi di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bulukumba dapat mewujudkan kemandirian belajar siswa, yaitu mengamati, menanya serta mencoba, menalar dan juga mengkomunikasikan. 2) Faktor penghambat dalam implementasi pendekatan saintifik dalam mewujudkan kemandirian belajar siswa adalah di antaranya masih banyak siswa yang masih takut dalam berargumen serta kurangnya rasa ingin tahu siswa terhadap sesuatu.


Keywords


Metode; Pendekatan Saintifik; Kemandirian.

Full Text:

PDF

References


Aprianita, Ririn. 2015. Menerapkan Pendekatan Saintifik yang Berorientasi pada Kemampuan Metakognisi dan Keterampilan Sosial. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY ( 689-96).

Bukit, Servista. 2022. Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dalam Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa (Studi Literatur). Medan: Jurnal Multidisiplin Madani, 2(4), 1627-1638.

Harahap, Nursapia. 2020. Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashari Publishing

Hermawan, Iwan. 2019. “Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif & Mixed method”. Jawa Barat: Hidayatul Quran Kuningan.

Insriani, Hezti. 2011. Pembelajaran Sosiologi yang Menggugah Minat Siswa. Semarang: Jurnal Komunitas 3 (1): 92-102, ISSN 2086-5465.

Indrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: PT Gelora Aksara.

Indrawan dan Yanawati. 2017. Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen. Pembangunan, dan pendidikan (Revisi). Bandung: PT. Refika Setia.

Istiqomah, Novita, dan Prastowo. 2022. Analisis Pendekatan Saintifik Dalam Perencanaan Pembelajaran Tematik Terpadu Di SD/MI. Pedagogos: Jurnal Pendidikan, 4(1), 7-12.ISO 690

Machin, Ahmad. 2014. Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Semarang: Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).

Miles.Huberman dan saldanan 2014. “ Analisis Dan Kualitatif”. Jakarta: UI-press

Musfiqon dan Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center

Mutmainah, Permata, Kultsum, dan Prihantin. 2022. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Kompetensi Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. Pontianak: Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 443-453.

Nurhayati, Elis. (2017). Penerapan scaffolding untuk pencapaian kemandirian belajar siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 3(1), 21-26.

Permatasari, Eka Aprilia. 2014. Implementasi pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah. Malang: Journal of History Education, 3(1).

Pratama, Surya Marta. 2019. Implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran IPS kurikulum 2013 kelas VII di MTS Al-Ittihad. Poncokusumo Kabupaten Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2019.

Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi (Dari Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Askara

Semiawan, Conny R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.

Suja, I. Wayan. 2019. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran.Makassar: Universitas Pendidikan Ganesha, 1-9.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. 2013. Metode Peneltian Kuantitaif Kulaitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuda, Vicke Sandi. 2020. Implementasi Pembelajaran Saintifik Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Jabon Sidoarjo: Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.


Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andi Gheby Ratulangi Alim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.