KONSTRUKSI SOSIAL MULTIKULTURALISME DI SMA KATOLIK RAJAWALI MAKASSAR

Muhammad Syahrul Ramadhan S(1*), Ibrahim Arifin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana upaya guru dalam mengkonstruksi pendidikan multikulturalisme pada siswa di SMA Katolik Rajawali. 2) bagaimana perilaku siswa SMA Katolik Rajawali dari hasil konstruksi nilai pendidikan multikulturalisme. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dan kualitatif. Jumlah informan ditentukan melalui purposive sampling dengan kriteria yaitu guru dan siswa di SMA Katolik Rajawali Makassar. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru dalam mengkonstruksi pendidikan multikulturalisme pada siswa di SMA Katolik Rajawali. yaitu: a.) Kekuatan pengetahuan guru dalam menyebarkan virus multikultural b.) Hebituasi sebagai implementasi guru dalam membangun pendidikan multikultural c.) Modal budaya menjadi faktor pendukung pendidikan multikultural di SMA Katolik Rajawali. 2) Perilaku siswa SMA Katolik Rajawali dari hasil konstruksi nilai pendidikan multikulturalisme yaitu: a) Menghargai setiap perbedaan budaya yang dimiliki setiap siswa b) Toleransi beragama menjadi implementasi siswa dalam menerapkan nilai multikulturalisme

 


Keywords


Konstruksi sosial; Multikulturalisme

Full Text:

PDF

References


Agustang, A. D. M. P., & Nur, H. (2020). Konflik Mahasiswa Parang Tambung Universitas Negeri Makassar. Phinisi Integration Review, 3(1), 90–99.

Al Farizi, M. (2019). Realitas Konstruksi Sosial: Kekuasaan Kiai dalam Mengonstruksi Keluarga Sakinah pada Masyarakat Ngawi. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 13(1), 60–71.

AS’AD, M. (2017). Konstruksi Sosial Pendidikan Multikultural di SMA Katolik Rajawali Kota Makassar. Pascasarjana.

Awaru, A. O. T. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 221–230.

Dharma, F. A. (2018). Konstruksi realitas sosial: Pemikiran Peter L. Berger tentang kenyataan sosial. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 1–9.

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.

Hidayat, A., & Rahman, R. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI Di SMP Negeri 22 Padang. ISLAMIKA, 4(2), 174–186.

Mikelsten, D., Teigens, V., & Skalfist, P. (2022). Kecerdasan Buatan: Revolusi Industri Keempat. Cambridge Stanford Books.

Mujib, A. (2019). Hakekat Ilmu Pengetahuan dalam Persfektif Islam. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 4(01), 44–59.

Nasional, S., & Indonesia, P. U. I. N. J. (2018). Sikap dan Perilaku Keberagamaan Guru dan Dosen Pendidikan Agama Islam.

Nasruddin, N. (2019). Obyektivasi sikap toleransi anak dalam pendidikan Islam multikultural keluarga multi agama. Pendidikan Multikultural, 3(1), 37–62.

Rukhmana, T., Darwis, D., IP, S., Alatas, A. R., SE, M. M., Tarigan, W. J., Mufidah, Z. R., Muhamad Arifin, M. H. I., Cahyadi, N., & S ST, M. M. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. CV Rey Media Grafika.

Suharnianto, S. (2020). KONSTRUKSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTI AGAMA. PENDIDIKAN MULTIKULTURAL, 4(2), 189–209.

Syarifuddin, A. (2021). Konstruksi Sosial Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Santri Mahasiswa Pondok Pesantren Al-Amien Rejomulyo Kota Kediri. Spiritualita, 5(2), 11–39.

Thohari, S., & Harjo, I. W. W. (2021). Teori Sosial: Antara Individu dan Masyarakat. Universitas Brawijaya Press.


Article Metrics

Abstract view : 48 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Syahrul Ramadhan S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.