Pemilihan Pasangan Hidup Bagi Perempuan di Kecamatan Tammero’do Sendana, Kabupaten Majene

Dyvian Dyvian(1*), Andi Agustang(2),

(1) Universitas Negeri Makasar
(2) Universitas Negeri Makasar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) faktor yang mempengaruhi keputusan dalam memilih pasangan hidup bagi perempuan di Kecamatan Tammero'do Sendana Kabupaten Majene. 2) faktor utama yang menjadi pertimbangan dalam memilih pasangan hidup bagi peremupuan di Kecamatan Tammero'do Sendana Kabupaten Majene. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan sebanyak 10 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) faktor yang mempengaruhi keputusan dalam memilih pasangan hidup bagi perempuan di Kecamatan Tammero'do Sendana Kabupaten Majene yaitu kesesuaian kepribadian, kematangan emosional, komunikasi yang efektif, stabilitas ekonomi serta kesehatan fisik dan mental yang baik. 2) faktor utama yang menjadi pertimbangan dalam memilih pasangan hidup bagi peremupuan di Kecamatan Tammero'do Sendana Kabupaten Majene tingkat pendidikan dan jenis pekerjaan. 

 


Keywords


Pemilihan Pasangan Hidup; perempuan

Full Text:

PDF

References


Agustang, A. (2015). Dasar-Dasar Filsafat Penelitian Untuk Pengembangan Ilmu. CV Multi Global, Jalan Maccini Sawah.

Annisa, R. F. (2019). Pengelolaan Konflik Pasangan Asmara yang Berkenalan dan Berkomitmen Melalui Sosial Media Tinder. Faculty of Social and Political Science.

Azmi, P. A. B. U., & Hoesni, S. M. (2019). Gambaran Preferensi Pemilihan Pasangan Hidup Pada Mahasiswa Universiti Kebangsaan Malaysia. AN-NAFS, 13(2), 96–107.

Badan Pusat Statistik. (2020). Data Sensus Provinsi Sulawesi Barat.

Fajriyah, L. (2019). Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan (Studi Atas Implikasi Teoritis pada Pembelajaran Agama Islam). Skripsi. Fak. Ilmu Tarbiyah dan keguruan. UIN Walisongo Semarang.

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.

Hisyam, C. J. (2021). Sistem Sosial Budaya Indonesia. Bumi Aksara.

Lestari, N. C. (2022). Hubungan haga diri dengan kecemasan memilih pasangan hidup pada perempuan dewasa awal di Dusun Sawahan Desa Gentengkulon Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. UIN KHAS JEMBER.

Nevid, J. S., & Chozim, M. (2021). Psikologi Sosial: Konsepsi dan Aplikasi Psikologi. Nusamedia.

Ni’am, M. (2021). Kematangan Emosi Pada Pasangan Usia Dini (Studi Kasus di KUA Jenangan Ponorogo). IAIN PONOROGO.

Ningrum, A., Kusuma, R. S., & Kom, M. I. (2017). Keterbukaan diri dalam strategi konflik pada pasangan intercultural marriages. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Roosinda, F. W., Lestari, N. S., Utama, A. A. G. S., Anisah, H. U., Siahaan, A. L. S., Islamiati, S. H. D., Astiti, K. A., Hikmah, N., & Fasa, M. I. (2021). Metode penelitian kualitatif. Zahir Publishing.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Deepublish.

Sunarso, B. (2022). Merajut Kebahagian Keluarga (Perspektif Sosial Agama) Jilid 2. Deepublish.

Tenri Awaru, A. O. (2021). Sosiologi Keluarga. PENERBIT MEDIA SAINS INDONESIA.

Wardoyo, S., & Supriyoko, S. (2018). Pengaruh Pendidikan dan Latihan, Motivasi Kerja dan Masa Kerja Terhadap Profesionalisme Guru SMKN di Wonosobo. Media Manajemen Pendidikan, 1(1), 107–115.


Article Metrics

Abstract view : 42 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dyvian Dyvian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.