Perilaku Konsumtif Mahasiswi FIS UNM Pada Pembelian Produk Makeup dan Skincare
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswi pada pembelian produk makeup dan skincare; 2) Dampak perilaku konsumtif mahasiswi pada pembelian produk makeup dan skincare. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan sebanyak 10 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahap pengabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswi dalam pembelian produk makeup dan skincare terbagi menjadi 2, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal terdiri dari, media sosial dan lingkungan. Sedangkan faktor internal adalah konsep diri. 2) Dampak perilaku konsumtif mahasiswi pada pembelian produk makeup dan skincare, yaitu boros, dan ketergantungan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antonio, P. V., Muharsih, L., & Simatupang, M. (2021). Konsep Diri dan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa yang Melakukan Belanja Online. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 1(3), 42–49.
Henslin, J. M. (2007). Sosiologi dengan pendekatan membumi jilid 2.
Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.
Juliana, F. R. (2022). “Lapar Mata”: Mahasiswi, Kecantikan, dan Perilaku Konsumtif. Emik, 5(1), 1–22.
Latifa, A., & Hakim, Z. A. (2023). Perilaku Konsumtif Pembelian Produk Perawatan Kulit (Skin-care) ditinjau dari Kontrol Diri pada Anggota Komunitas Arisan Bhayangkari. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 4(2), 72–81.
Maharani, P., & Hendrastomo, G. (2022). Fenomena Beauty Vlogger Pada Perilaku Konsumtif Di Kalangan Mahasiswi Yogyakarta. Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 11(2), 1–15.
Nugraha, D. D. S. (2019). Self-Discrepancy Dan Perilaku Konsumtif Membeli Make Up Serta Skincare Secara Online Pada Mahasiswi. Universitas Negeri Semarang.
Nugroho, A. C. (2021). Teori Utama Sosiologi Komunikasi (Fungsionalisme Struktural, Teori Konflik, Interaksi Simbolik). Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(2).
PERS, S. (2020). Dampak Pandemi, Transaksi Belanja Online Produk Kosmetik Naik 80%. Kemenperin. https://kemenperin.go.id/artikel/22137/Dampak-Pandemi,-Transaksi-Belanja-Online-Produk-Kosmetik-Naik-80
Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Safitri, R. A., & Rini, A. S. (2021). Pengaruh Ketergantungan Make-Up Terhadap Kepercayaan Diri pada Remaja Putri.
Wardah, N. A. (2021). Pengaruh gaya hidup berbelanja dan promosi penjualan terhadap pembelian impulsif Avoskin di Shopee. MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 4(1), 121–132.
Wardani, L. M. I., & Anggadita, R. (2021). Konsep diri dan konformitas pada perilaku konsumtif remaja. Penerbit Nem.
wijayanti, A. (2023). Konstruksi Sosial Mahasiswa Universitas Sriwijaya Terhadap Beauty Privilege. In Skripsi Sosiologi. Universitas Sriwijaya.
Yudoko, K. (2015). Rekayasa visual iklan kosmetik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2).
Zukhrufani, A., & Zakiy, M. (2019). The effect of beauty influencer, lifestyle, brand image and halal labelization towards halal cosmetical purchasing decisions. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 5(2), 168.
Article Metrics
Abstract view : 171 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Haesty Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.