Patteke’ (Studi Deskriptif Penyedia Jasa Antar Barang di Kelurahan Petoosang Kabupaten Polewali Mandar)

Rezkia Yusuf(1*), Andi Dody May Putra Agustang(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hal yang melatar belakangi perempuan bekerja sebagai patteke’ 2) Pelaksanaan peran ganda perempuan sebagai ibu rumah tangga dan sebagai patteke’. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 8 orang patteke’ yang ditentukan melalui purposive sampling dengan kriteria perempuan atau ibu rumah tangga yang bekerja sebagai patteke’. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan Teknik member check. Proses analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hal yang melatar belakangi Perempuan bekerja sebagai patteke’ di Kelurahan Petoosang Kabupaten Polewali Mandar disebabkan oleh beberapa faktor a) Faktor ekonomi, b) Faktor Sosial, c)Faktor Budaya, dan d) Faktor Pendidikan. 2)Pelaksanaan peran ganda Perempuan sebagai ibu rumah tangga dan sebagai patteke’ di Kelurahan Petoosang Kabupaten Polewali Mandar yaitu a) Cara matteke’ terbagi menjadi dua ke kampung sebelah dan hanya di kampung serta dalam pelaksanaannya menggunakan perlengkapan khusus.  b) Perempuan patteke’ sekaligus ibu rumah tangga menghadapi berbagai hambatan diantaranya pembagian waktu dan kondisi jalan menanggung resiko yang besar, c) Pengalokasian waktu perempuan patteke’ anatra urusan rumah dan urusan mencari nafkah dikelola dengan baik. Dengan mendahulukan pekerjaan rumah kemudian ke pekerjaan di luar rumah.


Keywords


Patteke’; Perempuan; Peran Ganda

Full Text:

PDF

References


Afrizal, S. (2021). Peran Ganda Perempuan Dalam Peningkatan Perekonomian Keluarga ( Studi Kasus Pada Perempuan Bekerja Di Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang ) Pages 53-62 Multiple Women Roles in Family Economy Improvement ( Case Study on Working Women at Kecamatan Padari. 53–62.

Bunsaman, S. M., & Taftazani, B. M. (2018). Peranan Perempuan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga (Studi Tentang Peranan Petugas K3L Perempuan Universitas Padjadjaran Jatinangor (Zona: Rektorat)). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 146–157.

Damayanti, R. R., & Awaru, A. O. T. (2018). PEREMPUAN PENJUAL IKAN DI AWERANGE DESA BATUPUTE KECAMATAN SOPPENG RIAJA KABUPATEN BARRU (Suatu Kajian Sosiologi Gender). Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 131–136.

Handayani, A. (2013). Keseimbangan Kerja Keluarga pada Perempuan Bekerja : Tinjauan Teori Border. 21(2), 90–101.

Hidayati, N. (2015). Beban ganda perempuan bekerja (antara domestik dan publik). Muwazah, 7(2).

Mariani. (2021). Atteke Pada Masyarakat Petani Di Dusun Kaluku Loe Desa Tanete Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa (Studi Sejarah Dan Budaya Islam).

Maunah, B. (2016). Pendidikan dalam perspektif struktural fungsional. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), Pp.159-178.

Ramlan, M. (2017). Konsep Sibaliparriq Masyarakat Nelayan Terhadap Peningkatan Pendapatan Keluarga Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Keluarga Nelayan Di Desa Pambusuang Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar). Balanipa Kab. Polewali Mandar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Rostiyati, A. (2018). Peran Ganda Perempuan Nelayan di Desa Muara Gading Mas Lampung Timur. Patanjala, 10(2), 291857.

Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Syukur, M. (2018). Dasar-Dasar Teori Sosiologi. Rajawali Pers.

Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Teknik Pengumpulan Data dalam Metode Kualitatif untuk Riset Akuntansi Budaya. Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 44–50.

Triana, A., & Krisnani, H. (2018). Peran ganda ibu rumah tangga pekerja k3l unpad dalam rangka menunjang perekonomian keluarga. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 188–197.

Ulfa, M., & Sugara, R. (2022). Tindakan Sosial Keterlibatan Perempuan dalam Jaringan dan Aksi Terorisme di Indonesia. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(1), 278–294.

Yuliana. (2017). Peran ganda perempuan dalam meningkatkan ekonomi keluarga ( kasus di PTP Nusantaraa XIV gula Takalar ). UIN Alauddin Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 50 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rezkia Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.