IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CASE METHOD TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DI UPT SMA NEGERI 7 MAKASSAR

Sofiyana Sofiyana(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran pembelajaran case method di UPT SMA Negeri 7 Makassar 2) Gambaran kemampuan kerjasama siswa di UPT SMA Negeri 7 Makassar 3) Pengaruh pembelajaran case method terhadap kemampuan kerjasama siswa di UPT SMA Negeri 7 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, populasi dalam penelitian ini berjumlah 129 orang. Pengambilan besaran sampel ditentukan melalui rumus Slovin, menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 56 responden. Pengambilan data dilakukan dengan cara angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan teknik korelasi bivariate person dan uji reliabilitas menggunakan teknik alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, dan analisis statistic inferensial dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Gambaran pembelajaran case method di UPT SMA Negeri 7 Makassar berada pada kategori “baik” ditunjukkan dengan dengan nilai skor rata-rata (mean)  pada variabel sebesar 63,43 dan dengan presentase 79%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran case method di UPT SMA Negeri 7 Makassar berada pada kategori baik. 2) Gambaran kemampuan kerjasama siswa  di UPT SMA Negeri 7 Makassar berada pada kategori kategori “sangat baik” ditunjukkan dengan dengan nilai skor  rata-rata (mean) pada variabel kemampuan kerjasama siswa sebesar 71,73 dan dengan presentase 89,6%, sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kerjasama siswa  di UPT SMA Negeri 7 Makassar termasuk dalam kategori “sangat baik”. 3) Terdapat pengaruh pembelajaran case method antara terhadap kemampuan kerjasama siswa di UPT SMA Negeri 7 Makassar. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi adalah 0, 000 ˂ 0, 05 dan nilai t hitung sebesar 16,094  ˃ 1, 672  t tabel, hal ini menunjukkan bahwa variabel X memiliki pengaruh terhadap variabel Y. Selanjutnya untuk melihat nilai pengaruh antar variabel dapat diketahui dari nilai R square pada tabel model summary sebesar 0, 827 artinya variabel X (pembelajaran case method) mempengaruhi variabel Y (kemampuan kerjasama siswa) sebesar 82,7%, sedangkan sisanya sebesar 17,3%, dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel independen dalam penelitian ini. 


 


Keywords


Case Method; Kerjasama Siswa

Full Text:

PDF

References


Andayani, E. (2022). Case Method: Mengoptimalkan Critical Thinking, Creativity Communication Skills dan Collaboratively Mahasiswa Sesuai MBKM di Era Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 16(1), 52–60.

Fauzi, A., Ermiana, I., Rosyidah, A. N. K., & Sobri, M. (2022). Implementasi Case Method (Pembelajaran Berbasis Pemecahan Kasus) Ditinjau Dari Kemampuan Kolaboratif Mahasiswa. JURNAL EDUSCIENCE, 9(3), 809–817.

Fauzi, A., Ermiana, I., Rosyidah, A. N. K., & Sobri, M. (2023). The Effectiveness of Case Method Learning in View of Students’ Critical Thinking Ability. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 12(1), 15–33.

FITRIA, D. (2022). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOLABORASI DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS CASE METHOD.

Gunawan, C. (2018). Mahir Menguasai SPSS (Mudah Mengolah Data Dengan IBM SPSS Statistic 25). Deepublish.

Hernando, R. (2023). Model Sistem Pembelajaran dengan Pendekatan Case Method pada Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Lanjutan. Jurnal Buana Akuntansi, 8(1), 30–40.

Hodijah, S., Hastuti, D., & Zevaya, F. (2022). Implementasi model case method dalam meningkatkan inovasi pembelajaran mahasiswa dan kemampuan berpikir kritis pada mata kuliah teknik perdagangan Internasional. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 477–484.

Khumayasari, U. (2018). Pengaruh Jigsaw Terhadap Kemampuan Kerjasama dan Prestasi Belajar PKN. BASIC EDUCATION, 7(10), 975–983.

Maunah, B. (2016). Pendidikan dalam perspektif struktural fungsional. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), Pp.159-178.

Nong, A. (2023). KEEFEKTIFAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL) PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS CASE METHOD DALAM MENGUKUR KEMAMPUAN KOLABORASI DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.

Rahmat, P. S. (2019). Strategi belajar mengajar. Pt. Scopindo Media Pustaka.

RAHO, B. (2021). Teori sosiologi modern (EDISI REVISI). Penerbit Ledalero.

Roza, S., Erida, E., & Siregar, A. P. (2022). Implementasi Pembelajaran Case Method dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Mata Kuliah Pemasaran Jasa. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1795–1799.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and innovation skills untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, 13(2), 1–18.


Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sofiyana Ptr

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.