PENGUASAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA ALUMNI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN II FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Muh. Rezky Kurniawan Lakita(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negei makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Upaya penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa alumni program kampus mengajar Angkatan II Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar dan 2) Faktor penghambat penerapan keterampilan dasar mengajar mahasiswa alumni program kampus mengajar Angkatan II Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Jumlah infoman sebanyak 7 orang mahasiswa yang ditentukan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, yaitu: 1) Berstatus sebagai mahasiswa aktif, 2) Berkuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, 3) Mahasiswa yang telah mengikuti program kampus mengajar angkatan II. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya penguasaan ketermpilan dasar mengajar mahasiswa alumni program kampus mengajar Angkatan II Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar, yaitu: a) Membuka kelas dengan menyapa peserta didik dan mengajak peserta didik menyimpulkan materi pelajaran pada saat menutup pelajaran. b) Materi singkat, memberikan contoh dan melatih pemikiran kritis peserta didik dengan komunikasi dua arah. c) Menggunakan media bantu dan alat peraga. d) Memotivasi dan mengapresiasi sebagai keterampilan dalam memberikan penguatan. 2) Faktor penghambat penerapan keterampilan dasar mengajar mahasiswa alumni program kampus mengajar Angkatan II Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar, yaitu: a) Sulitnya mahasiswa KM2 menumbuhkan minat belajar dan menimbulkan kedisiplinan peserta didik. b) Keterbatasan alat dan media teknologi bantu bahan ajar. c) Kurangnya pengalaman mahasiswa program kampus mengajar sebagai pendidik.


Keywords


keterampilan dasar mengajar; kampus mengajar, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Ananda, R., & Amiruddin, A. (2019). Perencanaan pembelajaran.

Blegur, J. (2020). Soft skills untuk prestasi belajar: Disiplin percaya diri konsep diri akademik penetapan tujuan tanggung jawab komitmen kontrol diri. Scopindo Media Pustaka.

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.

Hanim, L. M. (2018). MENAKAR KONFLIK DALAM SUDUT PANDANG KEPENTINGAN. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 9(2), 87–94.

Hapudin, H. M. S. (2021). Teori belajar dan pembelajaran: menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif. Prenada Media.

Ismail, I., & Busa, Y. (2023). Melangkah Bersama untuk Pendidikan Berkualitas melalui Implementasi Program Kampus Mengajar 5. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 5(1), 40–51.

Maunah, B. (2016). Pendidikan dalam perspektif struktural fungsional. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), Pp.159-178.

Muhsin, H. (2021). Kampus Merdeka Di Era New Normal. Masa Depan Kampus Merdeka & Merdeka Belajar: Sebuah Bunga Rampai Dosen, 143.

Nugraha, M. (2018). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27–44.

Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021). Peran mahasiswa program kampus mengajar dalam meningkatkan kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 166–173.

Nurwahidah, I., & Muhtar, T. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(4), 5692–5699.

Oka, G. P. A. (2022). Media dan multimedia pembelajaran. Pascal Books.

Panduan kampus mengajar. (2021). PANDUAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 2021 Apa itu Kampus Mengajar ? Mengapa mendaftar Kampus Mengajar ? Tanggal Penting Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021.

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya.

Rasyid, M. R. (2015). Pendidikan Dalam Perspektif Teori Sosiologi. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 274–286.

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924.

Syukur, M. (2018). Dasar-Dasar Teori Sosiologi. Rajawali Pers.

Wardan, K. (2019). Guru sebagai profesi. Deepublish.


Article Metrics

Abstract view : 16 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muh. Rezky Kurniawan Lakita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.