PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMEDIAL DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI UPT SMAN 11 MAKASSAR

Devitri Natalia(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pelaksanaan pembelajaran remedial dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, 2) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran remedial dalam mengatasi kesulitan belajar siswa serta 3) Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran remedial dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 3 orang guru sosiologi dan 9 orang siswa yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriterian guru yaitu: 1) guru mata pelajaran sosiologi, 2) keilmuan guru yang linear dengan bidang studi yang diajarkan, 3) guru yang melaksanakan remedial pada mata pelajaran sosiologi, dan kriteria siswa yaitu: 1) siswa kelas X dan XI jurusan ilmu pengetahuan sosial, 2) siswa yang remedial pada mata pelajaran sosiologi lebih dari 1 kali. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yaitu dengan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran remedial dalam mengatasi kesulitan belajar siswa terdiri dari beberapa tahap yaitu: a) perencanaan pembelajaran remedial dengan menentukan metode, waktu dan materi pembelajaran remedial, b) pelaksanaan pembelajaran remedial dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dalam pemberian materi remedial dan c) pemberian tes bagi siswa yang remedial. 2) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran remedial dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu: a) adanya guru yang mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran remedial dan b) tersedianya sumber belajar seperti buku paket dan buku LKS (Lembar Kerja Siswa), dan c) ada dukungan dari sekolah karena remedial merupakan program atau kebijakan dari sekolah. 3) Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran remedial dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu: a) kesulitan mengatur waktu dikarenakan siswa yang bersangkutan tidak hadir pada saat  pelaksanaan remedial sehingga guru harus membuatkan jadwal kembali dan b) ketidaksiapan siswa dalam mengikuti remedial dan malasnya siswa mengikuti remedial.


Keywords


Pembelajaran remedial; kesulitan belajar siswa; sosiologi

Full Text:

PDF

References


Apriliani, P. N., Sudiana, I. K., & Wiratini, N. M. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Remedial Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(2), 43–51.

Arga, H. S. P., Rahayu, G. D. S., Altaftazani, D. H., & Pratama, D. F. (2019). Sumber Belajar IPS Berbasis Lingkungan. UPI Sumedang Press.

Awaru, A. O. T., Ahmad, M. R. S., & Sadriani, A. (2023). Obstacles to Implementation of Differentiation Learning in Sociology Subjects. Technium Social Sciences Journal, 50, 509–514.

Baharuddin, H., & Ahmad., M. R. S. (2017). Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sosiologi kelas X di SMA negeri 1 Baraka kabupaten Enrekang. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi, 4(3), 50–55.

Gusnarib, G., & Rosnawati, R. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran.

Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.

Ibrahim, L., & Dewi, R. (2022). Pembelajaran Remedial sebagai Upaya Mengurangi Kesulitan Belajar Matematika Siswa MTsN 2 Banda Aceh di Rumah. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 184–192.

Januarti, A. (2015). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(11).

Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2020). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54.

Juwita, R., F., F., Rusdinal, R., & Aliman, M. (2020). Meta Analisis: Perkembangan teori struktural fungsional dalam sosiologi pendidikan. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 3(1), 1–8.

Karwono, H. M., & Mularsih, H. (2017). Belajar dan pembelajaran serta pemanfaatan sumber belajar. Depok: Raja Grafindo Persada.

Pautina, A. R. (2018). Aplikasi Teori Gestalt Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 14–28.

Rusman, D., & Pd, M. (2012). Model-model pembelajaran. Raja Grafindo, Jakarta.

Sidiq, N. M., & Ginanjar, A. (2019). Implementasi Pengaran Remedial Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar IPS Siswa Di SMP Negeri 2 Batang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(1), 60–71.

Suharti, S. P., Sumardi, M. K., Hanafi, M., & Hakim, L. (2020). Strategi belajar mengajar. Jakad Media Publishing.

Sutiah, D., & Pd, M. (2020). Teori belajar dan pembelajaran. NLC.


Article Metrics

Abstract view : 94 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Devitri Natalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.