PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DI UPT SMA NEGERI 4 MAKASSAR

Ibnu ilmiawan Julianto(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Persepsi guru terhadap pelaksanaan program sekolah penggerak di UPT SMA Negeri 4 Makassar, 2) Persepsi siswa terhadap pelaksanaan program sekolah penggerak di UPT SMA Negeri 4 Makassar, dan 3) Hambatan dalam pelaksanaan program sekolah penggerak di UPT SMA Negeri 4 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang guru dan 6 orang siswa yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria guru yaitu: 1) Kepala sekolah dan koordinator sekolah penggerak, 2) Guru yang telah mendapatkan pelatihan sekolah penggerak, 3) Guru yang mengajar di kelas X dan XI, dan 4) Guru yang telah lama mengajar minimal sejak 5 tahun terakhir, dan kriteria siswa yaitu: 1) Pengurus OSIS, 2) Pengurus MPK, 3) Siswa yang aktif dan masuk sebagai peringkat 3 besar, dan 4) Ketua kelas untuk kelas X dan XI. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi guru positif dan mengapresiasi pelaksanaan program sekolah penggerak di UPT SMA Negeri 4 Makassar yang meliputi beberapa hal di antaranya: a) Adanya perubahan pada sistem pembelajaran, b) Penggunaan skul.id dan TV smart school, dan c) Adanya pelatihan dan pengembangan bagi guru. 2) Persepsi siswa positif dan mengapresiasi pelaksanaan program sekolah penggerak di UPT SMA Negeri 4 Makassar yang meliputi beberapa hal diantaranya: a) Adaptasi penggunaan skul.id dan TV smart school b) Adanya inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, dan c) Kebebasan memilih kelas peminatan. 3) Hambatan dalam pelaksanaan program sekolah penggerak di UPT SMA Negeri 4 Makassar, yaitu: a) Kurangnya pengalaman bagi guru baru, b) Kemampuan IT beberapa guru senior yang rendah, c) Perangkat digitalisasi yang terbatas.

Keywords


Persepsi; hambatan; guru; siswa; sekolah penggerak

Full Text:

PDF

References


Amarulloh, Adhitya, Endang Surahman, and Vita Meylani. 2019. “Refleksi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Digital.” Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan 1(1).

Arifin, M. Zainal, and Agus Setiawan. 2020. “Strategi Belajar Dan Mengajar Guru Pada Abad 21.” Indonesian Journal of Instructional Technology 1(2).

Awaru, A. Octamaya Tenri, Darman Manda, M. Rasyid Ridha, and Paramitha Darmayanti. 2024. “Digital-Based Learning in Social Science Cluster Subjects in High School with Curriculum Merdeka.” KnE Social Sciences 900–911.

Baro’ah, Siti. 2020. “Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Tawadhu 4(1):1063–73.

Batubara, Hamdan Husein. 2020. “Media Pembelajaran Efektif.” Semarang: Fatawa Publishing 3.

Khairi, Azizatul, S. Kohar, Haryanto Kanthi Widodo, M. Ali Ghufron, Iqbal Kamalludin, Dimas Prasetya, Dimas Setiaji Prabowo, Singgih Setiawan, Akhmad Aufa Syukron, and Dewi Anggraeni. 2022. Teknologi Pembelajaran: Konsep Dan Pengembangannya Di Era Society 5.0. Penerbit NEM.

Marmoah, Sri, Siti Istiyati, Hasan Mahfud, Supianto Supianto, and Sukarno Sukarno. 2022. “Persepsi Guru Terhadap Implementasi Program Sekolah Penggerak Di Sekolah Dasar.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 6(2):361–71.

Maunah, B. 2016. “Pendidikan Dalam Perspektif Struktural Fungsional.” Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), Pp.159-178.

Nadirah, S. Pd, Andi Dwi Resqi Pramana, and Nurmalinda Zari. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mix Method (Mengelola Penelitian Dengan Mendeley Dan Nvivo). CV. Azka Pustaka.

Octavia, Shilphy Afiattresna. 2019. Sikap Dan Kinerja Guru Profesional. Deepublish.

Paramansyah, H. Arman, and M. M. SE. 2020. Manajemen Pendidikan Dalam Menghadapi Era Digital. Arman Paramansyah.

Patilima, Sarlin. 2022. “Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan.” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6(4):6313–19.

Rahimi, Aulia, Ahmad Darlis, Siti Azminatasya Ammar, and Dedi Ariyanto Daulay. 2023. “Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5(1):692–97.

Syafi’i, Fahrian Firdaus. 2022. “Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak.” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.


Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ibnu ilmiawan Julianto, A. Octamaya Tenri Awaru

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.