ADAPTASI GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI UPT SPF SMP NEGERI 40 MAKASSAR

Muh. Homsur Homang Ropu(1*),

(1) Universitas negeri makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) adaptasi guru dalam menerapkan kurikulum merdeka DI UPT SPF SMP Negeri 40 Makassar dan  2) hambatan dalam  adaptasi kurikulum merdeka di UPT SPF SMP Negeri 40 Makassar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan Studi Kasus, Jumlah Informan dalam penelitian ini sebanyak 8 orang guru yang ditentukan melalui purposive Sampling dengan kriteria guru yaitu: 1) Guru yang  yang saat ini mengajar di UPT SPF SMP Negeri 40 Makassar dan 2) Guru yang telah menerapkan 2 kurikulum (Kurikulum merdeka dan K13). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yaitu kondensasi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Adaptasi guru dalam menerapkan kurikulum merdeka di UPT SPF SMP Negeri 40 Makassar terdiri dari beberapa yaitu a) beradaptasi terhadap perubahan RPP ke Modul Ajar,  b) adaptasi terhadap perubahan sistem penilaian, c) adaptasi terhadap perubahan waktu mengajar dan d) adaptasi terhadap pembelajaran baru P5 2) Faktor Penghambat guru dalam proses adaptasi kurikulum merdeka di UPT SPF SMP Negeri 40 Makassar yaitu a) Kurangnya Pemahaman Guru terhadap kurikulum merdeka, b) Kurangnya konsistensi dari siswa,dan c) Sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Keywords


Adaptasi; Kurikulum merdeka; Hambatan adaptasi

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, A., & Santoso, M. B. (2019). Pelayanan Panti Werdha Terhadap Adaptasi Lansia. Responsive, 2(4), 190–198.

Ambarwati, A. (2021). Perilaku dan Teori Organisasi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Aryand, A. D., Mardiawan, O., & Nurdiyanto, F. A. (2020). Proses Adaptasi Kaum Muda yang Bermigrasi ke Kota Yogyakarta dan Bandung. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 25(2), 215–228.

Baderiah. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. In Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Elisa, E. (2018). Pengertian, peranan, dan fungsi kurikulum. Jurnal Curere, 1(02).

Mertayasa, I. K. (2015). Hambatan-Hambatan Adaptasi Masyarakat Hindu di Daerah Transmigrasi yang Multikultur. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 6(1), 1–10.

Movitaria, M. A., Amnillah, M., & Anirah, A. (2022). Pengembangan Kurikulum. HAMJAH DIHA FOUNDATION.

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum merdeka untuk pemulihan krisis pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262.

Octavia, S. A. (2020). Etika Profesi Guru. Deepublish.

Pengelola Web, D. S. (2022). kenali 3 Opsi Ini Sebelum Mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kenali-3-opsi-ini-sebelum-mendaftar-implementasi-kurikulum-merdeka-jalur-mandiri

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.

Suryadien, D., Dini, R., & Dewi, A. A. (2022). Rencana Implementasi Kurikulum Prototipe Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Pgmi Uniga, 1(01).

Utami, L. S. S. (2015). Teori-teori adaptasi antar budaya. Jurnal Komunikasi, 7(2), 180–197.

Yusuf, M. (2022). IMPLEMENTASI DAN PROBLEMATIKA MERDEKA BELAJAR.


Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muh. Homsur Homang Ropu, A. Octamaya Tenri Awaru, A. Octamaya Tenri Awaru

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.