Persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Terkait Konsep Kampus Mengajar di Universitas Negeri Makassar

Muhammad Nurul Fikri(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum terkait konsep pelaksanaan program Kampus Mengajar di Universitas Negeri Makassar, 2) Alasan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum mau mengikuti program Kampus Mengajar, dan 3) Faktor penghambat kegiatan mahasiswa pada pelaksanaan kampus Mengajar di sekolah penempatan masing-masing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini sebanyak 10 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu mahasiswa FIS-H UNM yang telah mengikuti program Kampus Mengajar. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum terkait konsep pelaksanaan program Kampus Mengajar di Universitas Negeri Makassar yaitu cukup baik dari segi: a) tahapan pelaksanaan yang jelas b) dukungan dari pihak yang terlibat, dan c) banyak manfaat yang dapat dirasakan, 2) Alasan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum mau mengikuti program Kampus Mengajar yaitu: a) mendapat pengakuan SKS, b) mendapatkan bantuan dana, dan c) menambah pengalaman mengajar, 3) Faktor penghambat kegiatan mahasiswa pada pelaksanaan Kampus Mengajar di sekolah penempatan masing-masing yaitu: a) sarana dan prasarana yang kurang memadai, b) kurangnya kerja sama antar anggota tim, dan c) menghadapi kepribadian siswa yang berbeda-beda.


Keywords


persepsi; mahasiswa; kampus mengajar

Full Text:

PDF

References


Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan 1 program merdeka belajar kampus merdeka di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dan kewirausahaan, 9(1), 210–219.

Azisah, N. R., & Syukur, M. (2020). Strategi guru dalam penerapan pembelajaran kontekstul abad 21 di ma ddi takkalasi. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 2, 58–65.

Bariah, S. K. (2019). Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(1), 31–47.

Baro’ah, S., Trisnawati, S. N. I., Ernawati, A., Supatminingsih, T., Aziz, F., Aziz, M., Astuti, R., Isma, A., & Hasyim, S. H. (2023). KURIKULUM MERDEKA: INOVASI KURIKULUM DI INDONESIA. Penerbit Tahta Media.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2022). Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Farrasa, F. . (2021). 22.000 Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021 Siap Mengabdi. LLDIKTI WILAYAH XIII – ACEH.

Hilmi, M., Mustaqimah, F. N., & Saleh, M. N. I. (2022). Tantangan dan Solusi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 2 di Yogyakarta. At-Thullab Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 4(2), 1160–1185.

Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.

Martiana, A., Wardhana, A., & Pratiwi, P. H. (2017). Merokok sebagai simbol interaksi bagi perokok perempuan urban. Fakultas Ilmu Sosisologi. UNY.

Oktafia, F., & AN, D. N. (2020). Persepsi mahasiswa sosiologi FIS UNP tentang mata kuliah micro teaching dan pelaksanaan praktek lapangan kependidikan (PLK). J. Sikola J. Kaji. Pendidik. dan Pembelajaran, 2(1), 63–69.

Peristianto, S. V., & Anggawijayanto, E. (2020). Pengelolaan Stres Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Covid-19 dalam Ragam Tinjauan Perspektif, 161–168.

Ramadhani, A. E., Septia, A. Y., Wijayanti, R., & Septianingtias, A. (2021). Pengelolaan Diri Sebagai Upaya Membangun Kerja Sama Dalam Pertukaran Pelajar di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 71–84.

Rif’ati, M. I., Arumsari, A., Fajriani, N., Maghfiroh, V. S., Abidi, A. F., Chusairi, A., & Hadi, C. (2018). Konsep dukungan sosial. Jurnal Psikologi Universitas Airlangga.

Rudi. (2021). UNM Kampus Terbaik di Indonesia Program Kampus Mengajar 2 MBKM Kemdikbudristek. Makassar: Ujung Jari.

Tabroni, T., Syukur, M., & Indrayani, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Kelas VIII-B SMP Negeri 4 Rokan IV Koto Kab. Rokan Hulu Riau. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 261–266.

Tenriawaru, E. P. (2014). Implementasi mind mapping dalam kegiatan pembelajaran dan pengaruhnya terhadap pendidikan karakter. Prosiding, 1(1), 86–91.


Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Nurul Fikri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.