Peranan Guru Dalam Mengatasi Perundungan Di Sekolah Menengah Pertama Cokroaminoto Rappokalling Makassar

Muhammad Nur Jayadi(1), A. Octamaya Tenri Awaru(2*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Penyebab terjadinya perundungan di SMP Cokroaminoto Rappokalling Makassar dan 2) Peranan guru dalam mengatasi perundungan yang terjadi di SMP Cokroaminoto Rappokalling Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 9 orang guru yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria guru yaitu : 1) kepala sekolah, 2)guru mata pelajaran bidang ilmu pengetahuan sosial, 3) guru mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, 4) guru mata pelajaran pendidikan islam, 5) guru mata pelajaran ilmu pengetahuan alam, 6) guru matapelajaran matematika, 7) guru mata pelajaran seni budaya, 8) guru mata pelajaran bahasa indonesia, 9) guru mata pelajaran bahasa inggris. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penyebab terjadinya perundungan di SMP Cokroaminoto Rappokalling Makassar yaitu a) faktor keluarga, b) faktor lingkungan sosial, c) faktor pertemanan. 2) Peranan yang dilakukan guru dalam mengatasi perundungan di SMP Cokroaminoto Rappokalling Makassar yaitu a) pemberian nasihat, b) pemanggilan orang tua, c) pemberian point, d) pemberian sanksi


Keywords


Peranan; guru; perundungan

Full Text:

PDF

References


ALFIAN, M. (2021) ‘Analisis Resepsi Siswa/I Pondok Pesantren Sma Immim Putra & Putri Ummul Mukminin Makassar Terhadap Berita Perundungan Di Sekolah’.

Asnidar, A. and Awaru, A.O.T. (2017) ‘Konflik Antar Pelajar (Studi Kasus Siswa Sma Negeri 8 Jeneponto)’, Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 4(2), pp. 55–61.

DAHANA, E.V.A.O. (2021) ‘PERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SOSIAL PESERTA DIDIK DI MI NURUL HUDA KRENCENG KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR’.

Djadjas, R.N. and Dalimunthe, R.Z. (2022) ‘Profil Perilaku Perundungan Terhadap Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kota Serang Tahun Ajaran 2021/2022’, Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), pp. 1165–1180.

Dwiky, P. (2022) ‘PERAN GURU DALAM MENGATASI PERUNDUNGAN SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA BAGIAN BCD (TUNA RUNGU, TUNA GRAHITA, TUNA DAKSA) YPAC KALIWATES KABUPATEN JEMBER’. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

IN-IN, I.-I. (2022) ‘PERAN GURU DALAM MENGATASI PRILAKU BULLYING PADA SISWA DI SD AISYIYAH 1 MATARAM’. Universitas_Muhammadiyah_Mataram.

Isman, H.M. (2019) ‘Fenomena Bullying Antar Siswa’, Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), pp. 25–29.

Mahendra, G.K. (2017) ‘Analisis Implementasi Kebijakan Kota Layak Anak Bidang Kesehatan Ramah Anak’, JHeS (Journal of Health Studies), 1(2), pp. 95–104.

Mappasere, S.A. and Suyuti, N. (2019) ‘Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif’, Metode Penelitian Sosial, 33.

Nazuha, C.N. and Lisnawati, R. (2022) ‘Perundungan Pada Siswa Kelas 8 SMP Muhammadiyah 1 Kartasura: Bentuk, Penyebab, Dampak, dan Solusi’. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purwanti, E. (2020) ‘Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik: Indonesia’, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 5(1), pp. 8–15.

Sudrajat, H. and Hariati, R.H. (2022) ‘Integrasi Bullying Terhadap Afektif Siswa di Sekolah’, Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 7(01), pp. 13–23.

Syukur, M. (2018) ‘Dasar-Dasar Teori Sosiologi’. Rajawali Pers.

Theodore, W. and Sudarji, S. (2020) ‘Faktor-Faktor Perilaku Perundungan pada Pelajar Usia Remaja di Jakarta’, Psibernetika, 12(2).

Vacomia, R.K. and Pandia, W.S.S. (2020) ‘PERUNDUNGAN REMAJA DI SEKOLAH KATOLIK SWASTA JAKARTA’, Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 4(2), pp. 330–338.


Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 muhammad nur jayadi adi, A. Octamaya Tenri Awaru Tenri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.