PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMAKAMAN KORBAN COVID-19 DI DESA MACANDA KABUPATEN GOWA

Helmiati Helmiati(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap pemakaman korban COVID-19 di Desa Macanda Kabupaten Gowa, 2) mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap pemakaman korban COVID-19 di Desa Macanda Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Adapun jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 10 orang ditentukan menggunkan teknik purposive sampling, dengan kriteria informan yaitu berdomisili di lokasi penelitian dan pernah melihat proses perkuburan jenazah korban COVID-19 di Desa Macanda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara semistruktur dan dokumentasi dengan uji kredibilitas sebagai teknik keabsahan data. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini antara lain reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Persepsi masyarakat yang tinggal di sekitar pemakaman jenazah korban COVID-19 di Desa Macanda terdiri dari persepsi positif (pro) dengan alasan: a) Pekerjaan dan b) Hubungan keluarga, dan persepsi negatif (kontra) dengan alasan: a) Pekerjaan, b) Kesehatan keluarga dan c) Hubungan sosial, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat tersebut adalah: a) Pendidikan terakhir, b) Pengetahuan dan c) Pengalaman.


Keywords


COVID-19, perkuburan, korban

Full Text:

PDF

References


Astanti, Dwi Ari (2018). Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Persepsi Masyarakat Terhadap Orang dengan Gangguan Jiwa di Dusun Ketingan Tirtoadi Sleman Yogyakarta. Naskah Publikasi Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

Casman dkk. (2020). Studi Literatur: Penolakan Jenazah COVID-19 di Indonesia. Jurnal Kesehatan Manarang, Vol. 6, No. Khusus.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Info Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI [Internet]. 2020 [updated 2020 March 30; cited 2020 March 31]. Available from: https://infeksiemerging.kemkes.go.id

Nahak, dkk. (2021). Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Persepsi dan Respon Perilaku Mahasiswa dalam Upaya Memutuskan Mata Rantai Penularan COVID-19 di Perbatasan NKRI-RDTL. Jurnal Ilmu Keperawatan Medikal Bedah, 4(2).

Pramawidya, Leksahawa dan Tjaturahono Budi Sanjoto. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Persepsi Masyarakat Mengenai Pembangunan Kawasan Industri Candi Kelurahan Bambankerep Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Journal of Edu Geography, 7(2).

Putri, Ayu dan Muhammad Syukur. (2022). Mahasiswi Perokok di Kota Makassar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM.

Putri, Okta Sirpia, Herlina, Yesi Hasnel N. (2022). Hubungan Pengetahuan dan Persepsi dengan Perilaku Keluarga dalam Menerapkan 5M Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia, 7(1).

Rahmany, Sri dan Yuni Asnita. (2020). Pengaruh Pendidikan, Profesi dan Bagi Hasil Terhadap Persepsi Masyarakat pada Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Siak Kecil). JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1).

Saputra, Muh. Guntu dan Muhammad Syukur. (2022). Full Day School (Studi pada Guru dan Siswa di SMA Negeri 2 Makassar). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi- FIS UNM.

Sarwani, dkk. (2012). Laporan Penelitian: Pengaruh Pengalaman Terhadap Persepsi Pengusaha Kecil Tentang Kebermanfaatan Informasi. Universitas Lambung Mangkurat.

Susilo dkk. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, Vol. 7, No. 1.

WHO. (2020). WHO Coronavirus (COVID-19) Disease Dashboard.

Wulantami, Ardina. (2018). Pilihan Rasional Keputusan Perempuan Sarjana Menjadi Ibu Rumah Tangga. Jurnal Dimensia, 7(1).


Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Helmiati Helmiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.