Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Kepada Santri Di Pondok Pesantren Multidimensi Al-Fakhriyah Makassar

Amal Hidayat(1*), Andi Agustang(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Upaya pembentukan karakter tanggung jawab kepada santri di Pondok Pesantren Multidimensi Al-fakhriyah Makassar, 2) Faktor Penghambat pembentukan karakter tanggung jawab kepada santri di Pondok Pesantren Multidimensi Al-fakhriyah Makassar dan 3) Bentuk- bentuk tanggung jawab santri di Pondok Pesantren Multidimensi Al-fakhriyah Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Informan penelitian sebanyak 10 orang. Jumlah informan ditentukan melalui purposive sampling dengan kriteria yaitu pembina dan santri di Pondok Pesantren Al-fakhriyah Makassar. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan member check. Teknik analisi data meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya pembentukan karakter tanggung jawab kepada santri di Pondok Pesantren Multidimensi Al-fakhriyah Makassar yaitu: a) Pengajian Kitab tiap hari, b) Memotivasi, c) Memberi nasehat, dan d) Pemberian sangsi. 2) Faktor penghambat pembentukan karakter tanggug jawab kepada santri di Pondok Pesantren Al-fakhriah Makassar yaitu: a) Berbeda- bedanya Karakter santri, b) Kurangnya tenaga pengajar. 3) Bentuk-bentuk tanggung jawab santri di Pondok Pesantren Multidimensi Al-fakhriyah Makassar yaitu: a) Tanggung Jawab kepada diri sendiri, meliputi santri yang mempertahankan keilmuan, santri yang di beri amanah, dan disiplin, b) tanggung jawab kepada lingkungan, meliputi menjaga dan mempertahankan lingkungan dimana santri hidup.


Keywords


Pembentukan; Tanggung Jawab; Santri

Full Text:

PDF

References


Agustang, A. (2011). Pendekatan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Suatu Tinjauan Kritis. Makassar: Andira Publisher.

Agustang, A. (2021). Filosofi Research Dalam Upaya Pengembangan Ilmu.

Hamdika, W., Miko, A., & Afrizal, A. (2019). Kesiapsiagaan Komunitas Pesisir Menghadapi Ancaman Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami (Studi Kasus di Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam). JISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(2), 531–554.

Ibda, H. (2019). Guru Dilarang Mengajar!: Refleksi Kritis Paradigma Didik, Paradigma Ajar, dan Paradigma Belajar. CV. Asna Pustaka.

Jazuli, A. (2020). Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren Modern Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Di Kabupaten Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mashudi, A. (2019). Kebijakan PPDB Sistem Zonasi SMA/SMK dalam mendorong Pemerataan Kualitas Sumberdaya Manusia di Jawa Timur. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 186–206.

Mithhar, M., Andi Agustang, A. A., Adam, A., & Upe, A. (2021). Online Learning and Distortion of Character Education in the Covid-19 Pandemic Era. Special Issue on Computing Technology and Information Management, 18, 566–580.

Nasution, H. A., & Suyadi, S. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Humanistik dengan Pendekatan Active Learning di SDN Nugopuro Gowok. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 31–42.

Nurazizah, S. (2021). Implementasi Metode Bandongan dalam Pembentukan Karakter Santri Di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Octavia, S. A. (2020). Etika Profesi Guru. Deepublish.

Prastika, N. (2019). Analisis teori strukturasi Anthony Giddens dalam upaya peningkatan partisipasi pemuda dalam program karang taruna. SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 8(1).

Putri, M., Lestari, R. D., Matondang, S., & Sunardi, N. (2022). Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan Islam di Era Remaja Milenial. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 2(2), 49–55.

Rahmandhani, L. (2023). Analisis Penanganan Foreign Object Debris (FOD) Oleh Petugas Apron Movement Control (AMC) Dalam Menjaga Keamanan Dan Keselamatan Penerbangan Di Bandara Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(4), 49–61.

Raihanah, Z. (n.d.). Pemanfaatan Layanan E-Ticketing Commuterline Dalam Pendisiplinan Perilaku Sosial Studi Kasus: Pengguna Krl Di Stasiun Depok Lama. Fisip UIN Jakarta.

Santosa, S., & Andrean, S. (2021). Pengembangan dan Pembinaan Karakter Siswa dengan Mengoptimalkan Peran Guru Sebagai Contextual Idol di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 952–957.

Tampubolon, H., & Adi, S. (2023). MAKNA FALSAFAH (BATAK): SALA MANDASOR SEGA LUHUTAN DAN IMPLIKASINYA BAGI PELAYANAN PENDETA KEPADA ANAK SEKOLAH MINGGU DI HKI. Pute Waya: Sociology of Religion Journal, 4(1), 1–16.

Torro, S., Tenri Awaru, A. O., & Arifin, Z. (2021). Studi Diagnostik Pola Interaksi Sosial Pekerja Anak di Kota Makassar.

Udayana, K. D. I., & Widiastini, N. M. A. (2020). Upaya Meningkatkan Kebersihan Area Bar di Food And Beverage Service Department Holiday Inn Resort Baruna Bali. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 3(2), 78–85.

Yasin, M. (2019). Sosiologi Pendidikan Sebagai Basis Manajemen Pendidikan Dalam Penguatan Karakter Siswa. Al-Rabwah, 13(02), 103–121.

Yaumi, M. (2018). Media dan teknologi pembelajaran. Prenada Media.


Article Metrics

Abstract view : 199 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amal Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.