Interaksi Sosial Perokok Aktif (Studi Pada Perokok Aktif Yang Telah Berkeluarga Di Desa Tanjonga Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto)

Sinar Sinar(1*), A. Octamaya Tenri Awaru(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Interaksi suami perokok aktif dalam keluarga di Desa Tanjonga Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto. 2) Faktor yang mempengaruhi suami merokok di Desa Tanjonga Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto. 3) Dampak perilaku merokok dalam hubungan keluarga di Desa Tanjonga Kecamatam Turatea Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatiif. Informan penelitian adalah suami perokok aktif sebanyak 7 orang dan istri dari suami perokok aktif 7 orang. Informan dipilih dengan cara purposive sampling. Adapun kriteria informan adalah suami perokok aktif, tahu bahaya merokok dan istri dari suami perokok aktif. Teknik pengumpulan data yaitu, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data yaitu dengan member check. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Interaksi suami perokok aktif dalam keluarga di Desa Tanjongan Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto yaitu, a) jika mereka hendak merokok ke teras rumah atau ke kolong rumah, dan b) ada juga yang pergi ke teman atau tetangga sesama perokok. 2) Faktor yang mempengaruhi suami merokok di Desa Tanjonga Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto yaitu, a) faktor lingkungan yaitu keluarga dan teman, b) faktor psikologis yaitu merasa tenang, pelampiasan masalah dan lebih rileks serta fokus dalam bekerja. Sedangkan 3) Dampak perilaku merokok dalam hubungan keluarga di Desa Tanjonga Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto yaitu dampak positif yaitu, a) suami lebih semangat dan rajin bekerja, b) menghilangkan rasa bosan. Sedangkan dampak negatif yaitu a) ekonomi keluarga terbagi antara uang rokok dan kebutuhan keluarga, dan b) keharmonisan keluarga berkurang.


Keywords


Interaksi sosial; perokok aktif; telah berkeluarga

Full Text:

PDF

References


A Octamaya, T. A. (2016). Merokok Dalam Perspektif Pelajar.

Arisman, W., & Awaru, A. O. T. (2021). PEROKOK DALAM PERSPEKTIF GURU PEROKOK DAN SISWA PEROKOK SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI. Pinisi Journal Of Sociology Education Review, 1(2), 80–88.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54.

Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi sosial dalam proses pembelajaran. Palapa, 7(1), 149–166.

FERDIANSYAH, A. (2021). HUBUNGAN LINGKUNGAN DAN PERILAKU MEROKOK ANGGOTA KELUARGA DENGAN KEBIASAAN MEROKOK ANAK USIA SEKOLAH. STIKES BINA SEHAT PPNI.

Fitria, R. D., Muswardi, M., & Mayasari, S. (2017). Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(4).

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.

Hermalinda, S. (2019). Dampak Rokok Terhadap Kemiskinan Keluarga (Studi Gampong Keude Teunom Kabupaten Aceh Jaya). UIN AR-RANIRY.

Irmayanti, I. (2018). Peran Teman Sebaya dalam Pembentukan Kepribadian Mahasiswa Jurusan Dakwah dan Komunikasi IAIN Parepare. IAIN Parepare.

Martiana, A., Wardhana, A., & Pratiwi, P. H. (2017). Merokok sebagai simbol interaksi bagi perokok perempuan urban. Fakultas Ilmu Sosisologi. UNY.

Parwati, E. P., & Sodik, M. A. (2018). Pengaruh merokok pada perokok aktif dan perokok pasif terhadap kadar trigliserida. Jurnal STIKes Surya Mitra Husada.

Rohayatun, R. (2015). Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat perokok untuk berhenti merokok di klinik berhenti merokok Puskesmas Kampung Bali Pontianak. Tanjungpura University.

Sodik, M. A. (2018). Merokok & Bahayanya.

Tristanti, I. (2016). Remaja dan perilaku Merokok.

Wulan, D. K. (2012). Faktor psikologis yang mempengaruhi perilaku merokok pada remaja. Humaniora, 3(2), 504–511.


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sinar Sinar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.