Strategi Keluarga Petani Tambak Garam Di Nasara Kabupaten Jeneponto Dalam Melanjutkan Pendidikan Anak Ke Perguruan Tinggi

Sartika Sartika(1*), Andi Agustang(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi keluarga petani tambak garam di Nasara Kabupaten Jeneponto dalam melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi. 2) Bentuk dukungan orangtua keluarga petani tambak garam di Nasara Kabupaten Jeneponto dalam melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan sebanyak 10 orang yang informannya ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria informan orangtua yang berprofesi sebagai petani tambak garam yang sudah cukup lama, orangtua yang memiliki anak berstatus mahasiswa, dan orangtua yang mempunyai anak yang telah menyandang gelar sarjana. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik member check yang kemudian dianalisis melalui tiga tahap yaitu kondensasi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi keluarga petani tambak garam dalam melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi adalah: a) strategi aktif, b) strategi pasif, dan c) strategi jaringan. 2) Bentuk dukungan orangtua keluarga petani tambak garam di Nasara Kabupaten Jeneponto dalam melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi adalah: a) dukungan emosi, b) dukungan penghargaan, c) dukungan instrumental, dan d) dukungan informasi.

 

 


Keywords


Strategi; Keluarga Petani Garam; Pendidikan Anak

Full Text:

PDF

References


Agustang, A. (2011). Pendekatan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Suatu Tinjauan Kritis. Makassar: Andira Publisher.

Agustang, A., & Suardi, I. A. M. (n.d.). Social Preneur Dalam Penanggulangan Kemiskinan Di Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng.

Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya peran orang tua dalam membangun kepercayaan diri seorang anak dari usia dini. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 40.

Irawan, C. (2018). Strategi Bertahan Hidup Petani Cabai Desa Tegalagung Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Geografi, 5(5), 62–69.

Juanda, Y. A., Alfiandi, B., & Indraddin, I. (2019). Strategi Bertahan Hidup Buruh Tani di Kecamatan Danau Kembar Alahan Panjang. JISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(2), 514–530.

Ligan, L. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6: 4-9. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 73–84.

Muhammad, F., & Yosefin, Y. (2021). Peran Kearifan Lokal Pada Pendidikan Karakter Dimasa Pandemi (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan & Ilmu Sosial). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 519–528.

Nurfadilah, F. (2020). Implementasi Strategi Pembangunan Infrastruktur Desa Oleh Pemerintah Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran Tahun 2018. Universitas Siliwangi.

Oruh, S., Agustang, A., & Asrifan, A. (2022). Pengaruh Pengetahuan Keluarga, Stigma Masyarakat dan Kepatuhan Minum Obat Terhadap Kekambuhan Penyakit Gangguan Jiwa di Kota Makassar.

Rodiah, S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX MTS Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gender. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–8.

Syakatera, J., & Purnomo, A. S. D. (2022). Peran LKM Sebagai Sarana Input Produksi Garam dan Tenaga Kerja Dalam Usaha Tambak Garam Madura. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 2(4).

Tursila, T., Fathurrohman, M., & Mu’in, A. A. (2023). Persepsi Masyarakat terhadap Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Swasta di Dusun Ngagrong Kelurahan Wonolelo Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Journal on Education, 5(4), 13419–13438.

Wassalwa, M. (2021). Analisis Tingkat Pendidikan Anak Nelayan Dilihat Dari Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Di Tanjung Balai. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Widodo, W. A., & Sudikan, S. Y. (2021). Representasi Tokoh Dalam Novel Alkudus Karya Asef Saeful Anwar: Kajian Tindakan Sosial Max Weber. Bapala, 8(3), 202–2019.

Wijaya, C., & Rifa’i, M. (2016). Dasar-dasar manajemen: mengoptimalkan pengelolaan organisasi secara efektif dan efisien.


Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sartika Rani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.