Bentuk Penilaian Sikap Dalam Pembelajaran Sosiologi Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Menengah Atasa Negeri 1 Luwuk

Muh Juliansyah(1*), A.Octamaya Tenri Awaru(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan bentuk penilaian sikap dalam pembelajaran sosiologi selama pembelajaran dimasa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Luwuk, 2) Kesulitan yang dialami guru ketika melakukan penilaian sikap selama pembelajaran sosiologi dimasa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Luwuk, dan 3) faktor penghambat ketika melakukan penilaian sikap pada pembelajaran sosiologi dimasa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Luwuk. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian berjumlah 4 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan guru yang telah mengajar mata pelajaran sosiologi dan telah disertifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data dengan menggunakan member check. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan bentuk penilaian sikap yang dilakukan guru sosiologi pada pembelajaran di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Luwuk yaitu: Penilaian observasi secara daring dan Penilaian diri sendiri melalui google formulir. 2) Kendala yang dialami guru dalam melakukan penilaian sikap pada pembelajaran sosiologi dimasa pandemi covid-19 diantaranya: Keterbatasan fasilitas belajar, Jaringan internet, dan Pertemuan dengan peserta didik. 3) Faktor penghambat diantaranya: Kurangnya kerja sama orang tua/wali, waktu belajar yang tidak maksimal, dan tidak adanya guru sarjana pendidikan sosiologi.

Keywords


Penilaian Sikap; Pembelajaran Sosiologi

Full Text:

PDF

References


Adawiah, R., Kiptiah, M., & Kamariah, N. (2023). Penerapan Penilaian Sikap Siswa pada Pembelajaran Online. Integralistik, 34(1), 7–12.

Adellia, Y., & Prajawinanti, A. (2021). Implementasi model evaluasi cipp pada pelaksanaan program kelompok belajar TBM Leshutama era pandemi covid-19. Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 9(2), 14–28.

Angraeny, N., & Awaru, A. O. T. (2018). UPAYA GURU SOSIOLOGI DALAM MENGATASI HAMBATAN PENERAPAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI KABUPATEN POLEWALI MANDAR. JURNAL SOSIALISASI, 74–78.

Ardiyanti, N. (n.d.). Penerapan Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar, Berpikir dan Hasil Belajar pada Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid 19 di SDN 32 Tulang Bawang Tengah Provinsi Lampung. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatulah Jakarta.

Awaru, A. O. T. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-ilmu Sosial, 2, 221–230.

Fachry, A. (2022). Peranan Audit Internal Dalam Pengendalian Risiko Pembiayaan di Bank BSI Kota Palopo. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO.

Fauziatun, N., & Misbah, M. (2020). Relevansi kecerdasan emosional (eq) dan kecerdasan spiritual (sq) dengan pendidikan karakter. Jurnal Kependidikan, 8(2), 142–165.

Hisyam, C. J. (2021). Sistem Sosial Budaya Indonesia. Bumi Aksara.

Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151–165.

Jiwandono, I. S., Setiawan, H., Oktaviyanti, I., Rosyidah, A. N. K., & Khair, B. N. (2021). Tantangan Proses Pembelajaran Era Adaptasi Baru di Jenjang Perguruan Tinggi. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(1).

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Nasuhi, H. (2022). Urgensi Pembelajaran Agama-agama di Sekolah Menengah Tingkat Atas.

Nurlailah, N., & Awaru, A. O. T. (2018). STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 1 BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG. JURNAL SOSIALISASI, 102–107.

Rahmat, P. S. (2021). Perkembangan peserta didik. Bumi Aksara.

Rofi’i, M. (2019). Deradikalisasi Paham Keislaman Indonesia di kalangan pemuda melalui Sistem Keaswajaan Gerakan Pemuda Ansor. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Siswanti, R. (2021). Pandangan orang tua teradap pendidikan anak di Desa Handil Sohor Kotawaringin Timur. IAIN Palangka Raya.

Suwarno, S. (2021). Pengembangan Penilaian Sikap Berbasis Android untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 1535–1548.


Article Metrics

Abstract view : 160 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muh Juliansyah, A.Octamaya Tenri Awaru

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.