Habitus Siswa Berprestasi di UPT SMA Negeri 1 Pangkep

Nurul Izzah Umar(1*), Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran habitus prestasi siswa di UPT SMA Negeri 1 Pangkep, 2) Faktor yang mendorong terjadinya perilaku habitus prestasi siswa di UPT SMA Negeri 1 Pangkep. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus. Adapun jumlah informan sebanyak 11 orang siswa berprestasi, dengan kriteria informan yaitu: Terdaftar sebagai siswa aktif di UPT SMA Negeri 1 Pangkep,  memiliki prestasi dibidang akademik maupun non-akademik, memiliki prestasi minimal dari tahun 2020, dan siswa kelas XI dan XII. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Gambaran habitus prestasi siswa di UPT SMA Negeri 1 Pangkep adalah: a) Manajemen wabtu, b) keaktifan dalam proses pembelajaran, c) mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu, d) mengulang kembali materi, e) melatih ataupun meningkatkan minat dan dakat. 2) Faktor pendorong terjadinya habitus prestasi siswa di UPT SMA Negeri 1 Pangkep yaitu: a) faktor internal yang terdiri dari: (1) motivasi, (2) percaya diri, (3) minat dan bakat. Selanjutnya b) faktor eksternal yang terdiri atas: (1) lingkungan keluarga,(2) lingkungan sekolah dan (3) lingkungan masyarakat


Keywords


Habitus, siswa berprestasi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., & Nasirudin, N. (2021). Pengembangan bakat dan minat peserta didik di madrasah ibtidaiyah miftahul muna kesilir banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(2), 119–134.

Ahmad, M. R. S., Salman, D., & Mujahid, I. (2018). Habitus And Capital Of Young Politicians on Pileg 2014 Contestation Arena in Makassar City. 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018), 1017–1020.

Aulannisa, S. (n.d.). Pengaruh Bimbingan Agama Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Pemulung Di Yayasan Sahabat Bumi Bintaro Tangerang Selatan. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….

Badiah, U., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Studi Permasalahan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas VI SDN Socah 4 Kabupaten Bangkalan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level (TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2/4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan N. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12407–12418.

Desriandi, R., & Suhaili, N. (2021). Pengaruh Bakat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Edukasi, 1(2), 104–113.

Fajri, Z. (2019). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa SD/MI. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 7(2), 110–124.

Fathoni, M. Y., Darmansah, D., & Januarita, D. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Teladan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada SMK Telkom Purwokerto. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 10(3), 346–353.

Hairul, H. (2022). Efektivitas Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 1 Desa Larangan Bedung Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

Khair, H. (2021). Peran Lembaga Pendidikan Dalam Masyarakat Di Era Modern. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 12(2), 24–36.

Lina, H. H. U. (2021). Menumbuhkan Karakter Tanggungjawab AUD melalui Recalling Hadist Kebersihan di TK Muslimat NU Nurul Islam Kudus. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(4), 309–317.

Lisnawati, L. (2020). PENGARUH MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMAN 9 KOTA JAMBI. UNIVERSITAS JAMBI.

Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.

Negeri, U., & Unm, M. (2023). KEMENTERIAN PENDIDIKAN , KEBUDAYAAN , RISET , DAN TEKNOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM Alamat : Kampus Gunungsari Baru , Jalan A . P . Pettarani Makassar Laman : fis . unm . ac . id. 19651013.

Nuraeni LH, N. L. H. (2018). Habitus Belajar Siswa Berprestasi di SMA Negeri 12 Makassar. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Nurditasari, I., & Ariyanti, G. (2020). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap prestasi belajar matematika di kelas VIII SMP Negeri 9 Madiun. JURNAL ILMIAH EDUKASI MATEMATIKA (JIEM), 6(2), 149–168.

Parwito, P., Pratama, S. W., Susilo, E., Raisawati, T., Handayani, S., Sari, D. N., Togatorop, E. R., & Kinata, A. (2023). MENINGKATKAN KEPEDULIAN SISWA TERHADAP PENGHIJAUAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 157 BENGKULU UTARA. PROPAGUL: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 33–38.

Rahayu, M., Hasbi, N. A., & Saifuddin, S. (2023). Implementasi Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Surah-Surah Pendek Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-kanak Kelompok A Tahfizh Anak Cerdas Madatte. JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 7(1), 25–36.

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., & Sofiyana, M. S. (2022). Metode penelitian kualitatif. Unisma Press.

Situmorang, A. S., & Siahaan, F. B. (2019). Desain Model Pencapaian Konsep terhadap Minat Belajar Mahasiswa FKIP UHN. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 25(1), 55–61.

Soepandi, S., & Yonata, H. (2020). Peran Kesadaran/Sati terhadap Minat Baca Belajar Peserta Didik di SMB Trisaranagamana. Jurnal Ilmu Agama Dan Pendidikan Agama Buddha, 2(1), 25–34.

Sujianti, N. (2021). HABITUS SISWA BERPRESTASI EKTRAKULIKULER TAPAK SUCI SMA MUHAMMADIYAH 10 SURABAYA. Paradigma, 10(1).


Article Metrics

Abstract view : 67 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurul Izzah Umar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.