Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kabupaten Enrekang

Muhammad Ririn Assawal(1*), A. Octamaya Tenri Awaru(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana perubahan interaksi sosial siswa setelah menggunakan gadget di SMK Negeri 1 Enrekang. 2) Apa dampak yang ditimbulkan oleh gadget terhadap interaksi siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan Teknik purposive sampling, dengan kriteria pengguna aktif gadget. Jumlah informan sebanyak 9 orang siswa pengguna aktif gadget di SMK Negeri 1 Enrekang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan membercheck.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Perubahan interaksi sosial siswa setelah menggunakan gadget adalah pada proses; a) Assosiatif. Kerjasama antar siswa yaitu kerja kelompok dan berbagi materi pembelajaran mengalami perubahan. Kerja kelompok yang sebelumnya dilakukan secara bersama-sama baik itu di kelas maupun di perpustakaan, kini dilakukan secara mandiri dengan membagi tugas kemudian disatukan melalui grup whatsapp atau telegram. Berbagi materi pembelajaran yang semula dengan menyalin buku kini dengan memfoto materi yang akan disalin. Akomodasi yang sebelumnya harus menemui orang yang bersangkutan untuk menyelesaikan masalah kini diselesaikan melalui chating, b) Dissosiatif. Persaingan siswa sebelumnya adalah persaingan akademik atau prestasi olahraga, tapi kini lebih kepada persaingan sosial media, dan kontravensi yang dahulunya dilakukan secara langsung, kini dilakukan dengan membuat konten di sosial media. 2). Dampak yang ditimbulkan gadget pada siswa adalah dampak fungsional dan dampak disfungsional. Dampak fungsional yaitu memudahkan dalam berkomunikasi dan komunikasi menjadi variatif, sedangkan dampak disfungsional yaitu membuat tidak peka terhadap sekitar, membuat sosialisasi menurun, dan membuat kualitas interaksi menurun.


Keywords


Interaksi sosial; Gadget; Siswa

Full Text:

PDF

References


Afriani, D., & Yuliana, K. (2022). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 9–19.

Akbari, S. (2020). Dampak Gadget Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa (Mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah & Komunikasi UIN Ar-Raniry). UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Anggraini, M., Samosir, F. S., & Nihaya, W. (2022). Pelatihan kepemimpinan bagi kepala sekolah (melalui kajian teori-teori kepemimpinan yang sesuai diterapkan untuk sekolah). Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 10–17.

Febriyanni, R., Wiguna, S., & Arafah, N. (2023). Sosialisasi Dampak Positif Dan Negatif Gadget Terhadap Anak Di SDN 054936 Sei Lepan Kabupaten Langkat. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(3), 9–18.

Garung, C. Y., & Ga, L. L. (2020). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Pengelolaan Alokasi Dana Desa (Add) Dalam Pencapaian Good Governance Pada Desa Manulea, Kecamatan Sasitamean, Kabupaten Malaka. Jurnal Akuntansi: Transparansi Dan Akuntabilitas, 8(1), 19–27.

Hartania, A., Puspitasari, E., & Zulkifli, N. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Komunikasi Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Desa Muara Lembu Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 689–698.

Lestari, D. I. (2022). Hubungan Adiksi Smartphone Dengan Empati Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Negeri 3 Bojonegoro.

Lutfia, A., & Agustang, A. (n.d.). INTERAKSI SOSIAL PENGGUNA GADGET PADA SISWA SMAN 5 TANRALILI MAROS.

Manggala, H. D. A. (2019). Perubahan Sosial di Tosari (Studi Kasus Lunturnya Folklore Masyarakat Desa Tosari, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan). Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 1(2), 96–105.

Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 5(2).

Nasution, T., Ariani, E., & Emayanti, M. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK USIA DINI. Journal of Science and Social Research, 5(3), 588–594.

Nizar, A., & Hajaroh, S. (2019). Pengaruh intensitas penggunaan game gadget terhadap minat belajar siswa. El Midad, 11(2), 169–192.

Pratiwi, A., Meytri, D. I., & Patriana, O. (2019). Analisis Dampak Penggunaan Teknologi Terhadap Lingkungan Sosial Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer. POSITIF: Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 5(1), 8–15.

Rahayu, E. L. B., & Syam, N. (2021). Digitalisasi Aktivitas Jual Beli di Masyarakat: Perspektif Teori Perubahan Sosial. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 672–685.

Santoso, F. A. (2020). Dampak penggunaan gawai terhadap pembelajaran siswa sd. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 49–54.

Stevanus1, I., & Parida, L. (2021). Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget Di Sekolah Dasar Kota Yogyakarta.

Tenri Awaru, A. O., Syukur, M., & Arifin, Z. (2020). Mapping Student Learning Styles Achieving Using Kolb’s Learning Style Inventory in Sinjai Regency. Jurnal Ad’ministrare: Jurnal Pemikirian Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(2), 391–400.


Article Metrics

Abstract view : 50 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Ririn Assawal, A. Octamaya Tenri Awaru

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.