Strategi Survival Masyarakat Korban PHK Di Tengah Kondisi Krisis Pandemi Covid 19 Di Kabupaten Bulukumba

Nunung andriani(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) universitas negeri makassar
(2) Universitas negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) strategi survival masyarakat korban PHK dalam mempertahankan kehidupan keluarga yang ditanggungnya pada saat kondisi krisis pandemi Covid 19 di Kabupaten Bulukumba dan 2) pilihan pekerjaan yang tersedia dalam mempertahankan keberlangsungan hidup korban PHK di Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penentuan informan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yang ditentukan yaitu penduduk Kabupaten Bulukumba atau yang pernah bekerja di perusahaan PT. Lonsum Balombessie dan mengalami pemutusan hubungan kerja. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Analisis data dalam penelitian ini melalui 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Strategi masyarakat korban PHK dalam mempertahankan kehidupan keluarga yang ditanggungnya pada saat kondisi krisis pandemi covid 19 di Kabupaten Bulukumba, yaitu a) Mengurangi pengeluaran b) Memanfaatkan sumber daya yang ada dan c) Meminta bantuan dari jaringan sosial. 2) pilihan pekerjaan yang tersedia dalam mempertahankan keberlangsungan hidup para korban PHK di Kabupaten Bulukumba adalah: a) Bertani b) Berwirausaha c) Buruh Bangunan.


Keywords


Strategi survival; masyarakat; pandemi covid 19.

Full Text:

PDF

References


Amri, M. (2022). Analisis Strategi Pemerintah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan Di Gampong Lhok Pawoh Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. UIN Ar-Raniry.

Anis, V. L. (2019). Strategi Bertahan Hidup Petani Kakao Miskin Di Desa Waringinsari Timur Kecamatan Adiluwih Pringsewu.

Athia, I., Rahayu, S., & Anwar, S. A. (2021). Upaya Adaptif Bisnis Keluarga Dalam Mempertahankan Usahanya Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 17(3), 238–250.

Febyanti, A. T. (2022). Pengaruh Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Malang).

Hasan, L. D. (2022). Penelitian Kelompok-Fenomena Glokalisasi pada Kuliner di Sulawesi Selatan (Kota Makassar, Kota Parepare, Kabupaten Bulukumba).

Laelia, A. (2023). Strategi Pengelolaan Keuangan Buruh Tani Dalam Memenuhi Kebutuhan Rumah Tangga Di Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. UIN KH Achmad Siddiq Jember.

Maswatu, R. (2021). Strategi Bertahan Hidup Masyarakat Pasca Penutupan Lokalisasi Tanjung Batu Merah Kota Ambon. IAIN Ambon.

Maudinah, A. (2021). Strategi Bertahan Hidup Anak Jalanan sebagai Pengamen Badut di Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Medan Baru Kota Medan. Universitas Sumatera Utara.

Nadirah, S. P., Pramana, A. D. R., & Zari, N. (2022). metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, mix method (mengelola Penelitian Dengan Mendeley dan Nvivo). CV. Azka Pustaka.

Ngadi, N., Meliana, R., & Purba, Y. A. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap PHK dan pendapatan pekerja di Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia, 43–48.

Oktorini, D. (2018). STRATEGI BERTAHAN HIDUP KARYAWAN SENIOR KORBAN PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK) PT. ANTANG GANDA UTAMA DI DESA BUTONG KECAMATAN TEWEH SELATAN KABUPATEN BARITO UTARA: Dwi Oktorini. Journal Sosiologi, 1(1).

Pratiwi, M. A., Marsito, M., & Ernawati, E. (2023). Ketahanan Keluarga Di Masa Pandemi Covid 19 Di Desa Gunungsari Kecamatan Karanggayam. Prosiding University Research Colloquium, 1022–1032.

Putri, S. A., Karsona, A. M., & Singadimedja, H. (2022). Dirumahkannya Pekerja yang Berujung Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada Masa Pandemi Covid-19 secara Sepihak Berdasarkan Penyelesaian Sengketa Ketenagakerjaan Secara Non Litigasi. ADHAPER: Jurnal Hukum Acara Perdata, 8(1), 167–182.

Setiawan, D., Setyowati, D. L., Atmaja, H. T., & Mustofa, M. S. (2023). Strategi Bertahan Hidup Masyarakat Terdampak Banjir Rob di Pesisir Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 6(1), 180–183.

Syahrial, S. (2020). Dampak COVID-19 terhadap tenaga kerja di Indonesia. Jurnal Ners, 4(2), 21–29.

Syukur, M., & Awaru, O. (2019). Opportunities and Challenges of Organic Agriculture in the Era of Industrial Revolution 4.0 (A Case Study at Bulukumba Regency; South Sulawesi Province). International Conference on Social Science 2019 (ICSS 2019), 91–95.


Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 nunung andriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.