Dampak Sistem Belajar Online Pada Siswa Di MAN 2 Kota Makassar

Anjar Dwi Kusuma Wardani(1*), Zainal Arifin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI FISH UNIVERSITAS NEGERI MAKASSSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Dampak positif sistem belajar online pada siswa di MAN 2 Kota Makassar dan 2) Dampak negatif sistem belajar online pada siswa di MAN 2 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 20 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu siswa kelas XI IPS 1 dan XI MIPA 1 di MAN 2 Makassar yang belajar online. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  Dampak sistem belajar online pada siswa di MAN 2 Kota Makassar di antaranya: 1) Dampak positif sistem belajar online pada siswa di antaranya; a) Meningkatkan kedisiplinan siswa, b) Memperkuat tanggung jawab siswa, dan c) Meningkatkan keterampilan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. 2) Dampak negatif sistem belajar online pada siswa di antaranya; a) Siswa kesulitan memahami materi pelajaran, b) Siswa mudah melakukan contekan, dan c) Siswa mudah bosan dalam belajar.


Full Text:

PDF

References


Kurniasih, Puri dkk. 2019. “Infografis Alasan Menyontek Dan Tipe-Tipe Penyontek: Pandangan Etika Mengenai Perilaku Menyontek”. Jurnal Desain: Universitas Indraprasta PGRI.

Kusuma, Wening Sekar dan Sutapa, Panggung. 2021. “Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini: Universitas Negeri Yogyakarta.

Lukito, Hendra dkk. 2020. “Pembelajaran Menggunakan Teknologi Dapat Meningkatkan Literasi Manusia Pada Generasi Z di Indonesia”. Jurnal Manajemen Informatika: Universitas Andalas Padang.

Mardi Karin, Sasi dkk. 2020. “Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III”. Jurnal Ilmiah Kontekstual: Sekolah. Universitas Doktor Nugroho Magetan.

Maunah, Binti. 2016. “Pendidikan Dalam Perspektif Struktural Fungsional”. Jurnal Pendidikan: Sekolah. IAIN Tulungagung.

Melati, Sofia Reni dkk. 2021. “Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pembelajaran Daring”. Jurnal Ilmu Pendidikan: Universitas Muria Kudus.

Novita, Lina. dan Ismi, Nur Hastri. 2021 “Analisis Penerapan Pembelajaran Online Pada Siswa”. Jurnal Manajemen Pendidikan: Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan.

Setiani, Adris. 2020. “Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom di Masa Pandemi dan Setelah Pandemi Covid-19”. Jurnal UNNES.

Simanjuntak, Dosmika Ria. 2020. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Melaksanakan Pembelajaran Secara Daring Selama Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal MathEdu: Pendidikan Matematika IPTS.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta Bandung.

Windawati, Ririn dkk. 2021. “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar” Jurnal Basicedu: Universitas Kristen Satya Wacana.


Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anjar Dwi Kusuma Wardani, Zainal Arifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.