Pengaruh Metode Diskusi dan Media Game Edukasi Quizizz Terhadap Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Sosiologi Di UPT SMA Negeri 3 Pangkep

Andi Nalda Rezky(1*), A. Octamaya Tenri Awaru(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh metode diskusi terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran sosiologi di UPT SMA Negeri 3 Pangkep, 2) Pengaruh media game edukasi quizizz terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran sosiologi di UPT SMA Negeri 3 Pangkep dan 3) Pengaruh metode diskusi dan media game edukasi quizizz terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran sosiologi di UPT SMA Negeri 3 Pangkep. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi 95 orang. Pengambilan sampel didasarkan pada pendapat Arikunto. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data melalui kusioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pengaruh metode diskusi terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran sosiologi di UPT SMA Negeri 3 Pangkep maka diperoleh nilai koefisien regresi X1 Metode diskusi sebesar 0,497) mempunyai pengaruh positif terhadap partisipasi siswa(Y) dan setiap penambahan nilai metode diskusi, maka nilai pasrtisipasi siswa bertambah. Hasil uji t thitung > ttabel artinya metode diskusi berpengaruh terhadap partsipasi siswa dalam pembelajaran sosiologi di UPT SMA Negeri 3 Pangkep, (2) Pengaruh media game edukasi quizizz terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran sosiologi di UPT SMA Negeri 3 Pangkep,maka diperoleh nilai koefisien resresi X2 media game edukasi quizizz sebesar (0,029) mempunyai pengaruh positif terhadap pasrtisipasi siswa (Y) dan setiap penambahan nilai media game edukasi quizizz maka nilai partisipasi siswa bertambah. Hasil uji t thitung < tabel artinya media game edukasi quizizz tidak berpengaruh terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran sosiologi di UPT SMA Negeri 3 Pangkep, (3) Pengaruh metode diskusi dan media game edukasi quizizz terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran sosiologi di UPT SMA Negeri 3 Pangkep diketahui nilai signifikan yang diperoleh variabel X1 dan X2 sebesar (0,000) dan nilai Fhitung sebesar (10,117), Hasil uji f nilai sig. < 0,05 dan nilai Fhitung > Ftabel Jadi dapat disimpulkan bahwa X1 dan X2 secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Paritisipasi belajar siswa dalam pembelajaran sosiologi di UPT SMA Negeri 3 Pangkep.


Keywords


Metode diskusi; quizizz; partisipasi belajar

Full Text:

PDF

References


Angraeny, N. and Awaru, A.O.T. (2018) ‘Upaya Guru Sosiologi Dalam Mengatasi Hambatan Penerapan Model-Model Pembelajaran Di Sma Negeri Kabupaten Polewali Mandar’, Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, pp. 74–78.

Gunawan, I. (2022) Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.

Mulyati, S. and Evendi, H. (2020) ‘Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP’, GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), pp. 64–73.

Nurhayati, E. (2020) ‘Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19’, Jurnal Paedagogy, 7(3), pp. 145–150.

Pono, N. (2012) Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Geometri Dimensi Tiga Di Man Kalimukti Kec. Pabedilan Kab. Cirebon. None.

Ramayulis, I.P.I. (2008) ‘Kalam Mulia’. Jakarta.

Ridwanudin, D. (2013) ‘Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Melalui Penerapan Metode Diskusi Di Kelas Vi A Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kebagusan Jakarta Selatan’.

Rukajat, A. (2018) Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.

Rukhmana, T. et al. (2022) Metode Penelitian Kualitatif. CV Rey Media Grafika.

Salsabila, U.H. et al. (2020) ‘Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA’, Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 4(2), pp. 163–173.

Solikah, H. (2020) ‘Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi teks persuasif kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo tahun pelajaran 2019/2020’, Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), pp. 1–8.

Suardi, M. (2018) Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Swarniti, N.W. (2021) ‘Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa’, in Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, pp. 133–144.

Wahid, A. (2018) ‘Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar’, Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).

Zahwa, F.A. and Syafi’i, I. (2022) ‘Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi’, Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), pp. 61–78.


Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 nalda rezky

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.