Kontrol Sosial Masyarakat Pada Waria di Taman Makam Pahlawan Panaikang Kota Makassar

Muhammad Tayyeb(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) UNM
(2) Uiniversitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pendapat masyarakat mengenai waria yang mangkal di taman makam pahlawan Panaikang Kota Makassar, dan 2) Kontrol sosial masyarakat setempat terhadap keberadaan waria di taman makam Pahlawan Panaikang Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian berjumlah 10 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan masyarakat Panaikang yang berdomisili minimal 5 tahun serta mengetahui kegiatan mangkal malam waria dengan jelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data dengan menggunakan member check. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendapat masyarakat sekitar taman makam pahlawan merasa risih dan tidak menerima kehadiran waria yang mangkal dengan alasan melakukan penyimpangan seksual dan membuang sampah bekas hubungan seks secara sembarangan, dan 2) Masyarakat setempat memiliki kontrol sosial yang lemah terhadap waria yang mangkal malam di taman makam pahlawan Panaikang Kota Makassar. Hanya masyarakat terdampak saja yang memberikan kontrol sosial terhadap kehadiran waria. Kontrol sosial tersebut di antaranya adalah menegur dan membawa anjing peliharaan sebagai media yang membantu untuk mengontrol kegiatan mangkal waria.

 

Keywords


Waria; kontrol sosial; masyarakat

Full Text:

PDF

References


Alexander, C., & Simanjuntak, F. (2021). Pandangan Etika Kristen Terhadap Identitas Homoseksual. Diegesis: Jurnal Teologi, 6(1), 70–88.

Faqih, M. (2020). Efektivitas penggunaan media pembelajaran mobile learning berbasis android dalam pembelajaran puisi. Jurnal Konfiks, 7(2), 27–34.

Hakim, I. N., & Hamidah, S. (2021). Peran Kuliner Tradisional dalam Mendukung Pemajuan Kebudayaan di Destinasi Pariwisata Prioritas Yogyakarta (The Role of Traditional Culinary in Supporting the Advancement of Culture. Mozaik, 21(2), 193–208.

Heryanto, G. G. (n.d.). Interaksi Simbolik Di Komunitas Lgbt (Lesbian Gay Biseksual Transgender) Suara Kita. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….

Hidayat, A. G., Haryati, T., & Rosdiana, R. (2021). Waria dalam Perspekif Masyarakat di Desa Timu Kecamatan Bolo Kabupaten Bima (Ditinjau dari Aspek Fenomenologis). JURNAL PENDIDIKAN IPS, 11(1), 40–47.

Komalasari, K. (2021). Aktualisasi Pendidikan Karakter di Era New Normal. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPS, 1, 1–14.

Moleong, L. J. (n.d.). A. Jenis Penelitian dan Sifat Penelitian 1. Jenis Penelitian. PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBINAAN AKHLAK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 RUKTI SEDIYO, 30.

Musthatkim, M. A. (2021). Strategi Komunikasi Dakwah KH. Sofiyan Hadi Dalam Meningkatkan Akhlak Remaja di Lingkungan Pondok Pesantren Al-Mawaddah Kudus Jawa Tengah. IAIN Kudus.

Nisa, A. W. (2022). PERILAKU SOSIAL ANAK TERLANTAR DALAM KEPATUHAN ATURAN-ATURAN DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK (PSAA). FISIP UNPAS.

Nurbayani, S. (2022). Penyimpangan Sosial Pedofilia (Upaya Pencegahan dan Penanganan).

Rizki Anli, S. (2022). REGULASI EMOSI DAN RESPONS WARIA ATAS DISKRIMINASI SOSIAL DI PURBALINGGA. UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Roring, E. A., Lapian, M. T., & Lambey, T. (2022). PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN MINAHASA UTARA TAHUN 2020 (Identifikasi Penyebab Masyarakat Tidak Menggunakan Hak Pilihnya). Politico: Jurnal Ilmu Politik, 11(3), 77–88.

Saputra, E. T., Syaroni, S., & Massuhartono, M. (2021). PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA DI DESA PURWODADI KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Siahaan, S. B. R., & Margareth, M. (2019). Kajian Perilaku Seks Bebas Dalam Perspektif Teori Kontrol Sosial Travis Hirschi Di Wilayah Beji Depok. Anomie, 1(1).

Tenri, A. O., & Ahmad, M. R. S. (2019). UPAYA GURU DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMAS MUHAMMADIYAH BENTENG KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR. JURNAL SOSIALISASI, 25–30.

Tumalun, T. J. E., JANSEN, F. T. H., & MANUS, J. A. (2019). Tindak Penolakan dalam Film Twilight Karya Catherine Hardwicke (Suatu Analisis Pragmatik). Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 4.

Utari, P. R. D., & Hanifa, F. H. (2022). Analisis Dan Pengembangan Konten Marketing Pada Akun Instagram Rsi Frozen Food Tahun 2022. EProceedings of Applied Science, 8(5).

Wahyudi, R. (2020). Kontrol Sosial Orang Tua Terhadap Dampak Penggunaan Smartphone Pada Anak Remaja Di Mangkupalas Kecamatan Samarinda Seberang. Ejournal Sosiatri-Sosiologi, 8(1), 231–244.

Wulandari, N. (2021). EVALUASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN DI KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR. Universitas Hasanuddin.

Yazid, A. (2022). Dinamika Ketahanan Pondok Pesantren Waria Al-Fatah Yogyakarta 2006-2018 M. Journal of Islamic History, 2(1), 63–91.

Zain, S. D., & Ahmad, M. R. S. (2022). Perilaku Remaja Dengan Adanya Obyek Wisata Pantai Cemara di Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi”. Dalam Jurnal Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum, Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 140 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Tayyeb

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.