Kajian Peran Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Pada Sekolah MA As’adiyah No.1 Atapange.

Malik Ibrahim(1*), A. Octamaya Tenri Awaru(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) P Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada sekolah MA As’adiyah No.1 Atapange. 2) Bentuk peran masyarakat terhadap pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada sekolah MA As’adiyah No.1 Atapange. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 9 orang dengan penentuan informan menggunakan teknik  purposive sampling dengan kriteria kepala sekolah, orangtua siswa dan masyarakat sekitar sekolah yang tergabung dalam pengurus komite sekolah, pengurus yayasan, masyarakat dari kalangan pengusaha, serta masyarakat dari kalangan pendidikan. Prosedur pengumpulan  data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan  keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah pada sekolah MA As’adiyah No.1 Atapange, yaitu pembelajaran, kepemimpinan sekolah dan partisipasi komite sekolah. 2) Bentuk peran masyarakat terhadap pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pada sekolah MA As’adiyah No.1 Atapange, yaitu peran dalam mengambil keputusan atau kebijakan, partisipasi dalam melaksanakan program manajemen berbasis sekolah, peran untuk memperoleh kentungan dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah, dan peran dalam mengevaluasi program manajemen berbasis sekolah.


Keywords


Peran Masyarakat; Manajemen Berbasis Sekolah

Full Text:

PDF

References


Amarin, A., Sunandar, S., & Miyono, N. (2016). Peran Komite Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah di SD Islam Terpadu Buah Hati Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 5(1).

Andrian, E. (2013). Implementasi Pengembangan Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kabupaten Sintang. Tanjungpura University.

Arifin, B. (2017). Peran masyarakatb dalam meningkatkan mutu sarana pendidikan (Studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah negeri Ngrayudan Jogorogo Ngawi). IAIN Ponorogo.

Fajrin, R. (2018). Strategi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 132–149.

Falasifah, A. (2019). Pengaruh Role Conflict, Role Ambiguity, Work-Family Conflict dan Etika Kerja Islam terhadap Komitmen Organisasi Karyawan Wanita di CV. Mubarokfood Cipta Delicia. IAIN KUDUS.

Fuad Ihsan, H. (1997). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Harini, I. N. (2014). Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Upaya Peningkatan Pencitraan Sekolah (Studi Kasus di SMP Al Hikmah Surabaya). Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4).

Kholis, N. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Miarso, Y. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan. Kencana.

Moleong, L. J. (2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: remaja rosdakarya.

Pidarta, M. (2004). Manajemen pendidikan indonesia.

Sodiah, S. (2016). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat dan Sekolah. Sosial Budaya, 13(1), 89–100.

Supriono, S., & Sapari, A. (2001). Manajemen berbasis sekolah. Jawa Timur: SIC.

Suryono, Y., & Raharja, S. (2003). Pengkajian Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar dan Madrasah Ffitidaiyah di Propinsi Daerah Istimewa YOGYAKARTA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2).

Suwandi, S. (2011). Kajian Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah Pada Pendidikan Menengah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 419–432.

Tusriyanto, T. (2017). Sertifikasi Guru Sebagai Upaya Menciptakan Mutu Pendidikan. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 145–162.

Wahyudi, H., & Tiara, A. (2022). Ketimpangan Pendapatan Penyebab Tidak Bahagia. Jurnal Studi Pemerintahan Dan Akuntabilitas, 1(2), 125–138.


Article Metrics

Abstract view : 66 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Malik Ibrahim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.