Perceraian Wanita Bekerja Dalam Presfektif Gender Di Desa Bungadidi Kabupaten Luwu Utara

Fitria Rahmadana(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) faktor penyebab perceraian terhadap perempuan bekerja di Desa Bungadidi Kabupaten Luwu Utara dan 2) dampak perceraian terhadap perempuan bekerja di Desa Bungadidi Kabupaten Luwu Utara. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui teknik Purposive Sampling yang menentukan kriteria perempuan yang telah menikah dan mengalami perceraian pada tahun 2019 hingga tahun 2021. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Prosedur keabsahan data diperoleh dengan Teknik analisis data dengan kondensasi data, penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Faktor penyebab terjadinya perceraian adalah: a) faktor ekonomi, b) ketidakharmonisan, c) dan kurangnya waktu bersama keluarga 2) Dampak perceraian terhadap perempuan bekerja di desa bungadidi kabupaten luwu utara ialah: a) dampak psikologis berupa kesedihan yang dirasakan secara terus menerus dalam dirinya karena kegagalan yang terjadi dalam rumah tangga yang dialami oleh perempuan, Kekecewaan yang dirasakan tidak dapat mempertahankan rumah tangganya, stres yang dialami biasanya meliputi banyaknya hal yang dipikirkan sehingga menimbulkan perasaan tidak tenang secara terus menerus dalam diri. b) dampak sosial berupa rasa takut tidak diterimannya dalam masyarakat karena adanya status baru yang dianggap sebagai hal yang tidak baik, stigma buruk yang ada pada masyarakat dimana masyarat cenderung mengganggap bahwa status janda merupakan suatu status yang dianggap suatu status yang negatif.

 

 


Keywords


perceraian; wanita bekerja; gender

Full Text:

PDF

References


Devy, S. (2019). Cerai Ṭhalaq di Kalangan Isteri Karier: Studi Kasus di Mahkamah Syar’iyah Banda Aceh (Divorce of Ṭhalaq among Career Wives: Case Study in Banda Aceh Syar’iyah Court). Samarah: Jurnal Hukum Keluarga Dan Hukum Islam, 3(2), 378–399.

Dinda Andria Dewi, K. A. (2022). PENERAPAN KOMUNIKASI KELUARGA UTUH DAN BERCERAI DALAM MENDIDIK REMAJA. UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL" VETERAN" JAWA TIMUR.

Hafsah, H. (n.d.). Pandangan Islam Terhadap Gender (Studi Literatur). Al-Afkar, 4(2), 365–374.

Kardilla, K., & Awaru, A. O. T. (2018). Perilaku Sosial Pengamen Pada Pelajar Di Kota Palopo. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 47–50.

Khotimah, K. (2009). Diskriminasi gender terhadap perempuan dalam sektor pekerjaan. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 4(1), 158–180.

Manembu, A. E. (2017). Peranan perempuan dalam pembangunan masyarakat desa (suatu studi di desa Maumbi kecamatan Kalawat kabupaten Minahasa Utara). Jurnal Politico, 7(1).

Prastiwi, L. R., & Rahmadanik, D. (2022). Polemik dalam karir perempuan Indonesia. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 4(1).

Qadri, A. M. Al. (2019). Efektivitas Bahasa Bugis sebagai Media Dakwah dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Religious di Desa Giri Kusuma Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Rokhmansyah, A. (2016). Pengantar gender dan feminisme: Pemahaman awal kritik sastra feminisme. Garudhawaca.

Sari, D. P. (2017). Analisis Peran Tenaga Kerja Wanita di Luar Negeri dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Desa Sumber Agung Kecamatan Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan). UIN Raden Intan Lampung.

Setiawan, S. A., & Woyanti, N. (2010). Pengaruh umur, pendidikan, pendapatan, pengalaman kerja dan jenis kelamin terhadap lama mencari kerja bagi tenaga kerja terdidik di kota Magelang. Universitas Diponegoro.

Syaefullah, S. (2021). Disharmoni Wanita Karir terhadap Gugat Cerai Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif Di Indonesia (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Cirebon Tahun 2018-2019). Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman Kuningan, 2(1), 51–67.

Usman, H., & Akbar, P. S. (2022). Metodologi Penelitian Sosial (Edisi Ketiga). Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 108 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitria Rahmadana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.