Perilaku Konsumtif Anak Kost Pada Mahasiswa Di Kota Palopo

Aulia Ramadhani Abdullah Abdullah(1*), Zainal Arifin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) niversitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran perilaku konsumtif anak kost pada mahasiswa di Kota Palopo dan 2) Dampak perilaku konsumtif anak kost pada mahasiswa di Kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informan penelitian sebanyak 11 orang yang dipilih melalui teknik sampling snowball dengan kriteria informan yaitu mahasiswa anak kost, mahasiswa yang berusia 19-23 tahun dan memiliki hobby dalam berbelanja. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran perilaku konsumtif anak kost pada mahasiswa di Kota Palopo yaitu; (a) membeli barang karena keinginan, (b) membeli barang sejenis dengan brand berbeda secara berlebihan, (c) membeli barang tidak melihat dari kemasan menarik, (d) membeli barang dengan mengikuti trend, dan (e) membeli barang karena adanya diskon. 2) Dampak perilaku konsumtif anak kost pada mahasiswa di Kota Palopo yaitu; pada dampak negatif adalah kecemburuan sosial dan pemborosan sedangkan pada dampak positif adalah adanya motivasi untuk mencari pekerjaan.

 

 


Keywords


Perilaku konsumtif; Mahasiswa; anak kost

Full Text:

PDF

References


Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46.

Lestari, O. D. (2018). Hubungan antara Konformitas dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif pada Siswa Sekolah X. Jurnal Psikologi Industri Dan Organisasi, 5(1), 2.

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku Konsumtif di Kalangan Remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2 (2), 1–6.

MUJAHIDAH, A. N. (2020). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Penanganannya (Studi Kasus Pada Satu Peserta Didik Di Smk Negeri 8 Makassar). UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Oktafikasari, E., & Mahmud, A. (2017). Konformitas Hedonis Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Gaya Hidup Konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 684–697.

Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi: Dari sosiologi klasik sampai perkembangan terakhir postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 11, 25.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing.

Suminar, E., & Meiyuntari, T. (2015). Konsep Diri, Konformitas dan Perilaku Konsumtif Pada Remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02).

Wahidah, N. (2013). Pengaruh perilaku konsumtif terhadap gaya hidup mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip UNTAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(2).

Weber, M., & Rasionalitas, T. S. (n.d.). ANALISIS TINDAKAN SOSIAL MAX WEBER DI LINGKUNGAN SEKITAR MASYARAKAT MAKASSAR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI.

Wirawan, S. (2012). Hubungan Antara Konformitas dan Pembelian Kompulsif Terhadap Produk Fashion Pada Remaja.


Article Metrics

Abstract view : 502 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aulia Ramadhani Abdullah Abdullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.