Perilaku Sosial Pengguna Tiktok (Studi Pada Siswa SMA Negeri 8 Makassar)

Eka Wanda Saputri(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bentuk perilaku sosial siswa dalam menggunakan tiktok di SMA Negeri 8 Makassar, 2) Faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku sosial siswa dalam menggunakan tiktok di SMA Negeri 8 Makassar, 3) Dampak penggunaan  tiktok terhadap  perilaku sosial siswa di SMA Negeri 8 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini  merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah informan penelitian ini  adalah 9 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling  dengan kriteria  informan: siswa sebagai pengguna tiktok (penonton  konten hiburan), minimal 3 kali sehari, berasal dari kelas X-XI  dan menggunakan tiktok selama 4 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa: 1) Bentuk perilaku sosial siswa dalam menggunakan tiktok  di SMA Negeri 8 Makassar yaitu: a) siswa menjadi  individualis meliputi mengabaikan teman saat berbicara dan tidak mau menerima pendapat orang lain. b) siswa menjadi apatis meliputi tidak adanya keinginan saling membantu. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku sosial siswa dalam menggunakan tiktok di SMA Negeri 8 Makassar  yaitu dorongan perasaan berupa rasa bosan dan teman sebaya. 3) Dampak penggunaan tiktok terhadap perilaku sosial siswa di SMA Negeri 8 Makassar yaitu berkurangnya waktu berinteraksi secara langsung, hilangnya rasa saling menghargai dan kurangnya kerja sama.


Keywords


Siswa; tiktok; perilaku sosial

Full Text:

PDF

References


Auliya, H. N. (2017). Perilaku Sosial Dan Gaya Hidup Remaja (Studi Kasus: Siswa Kelas XII IPS Di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan). Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Cahyani, K. D. (2016). Masalah dan kebutuhan orang tua tunggal sebagai kepala keluarga. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(8).

Damayanti, A., Mahadib, A. F., Arlianti, D. N., Rizki, E., Hidayat, F., Fadilah, G. G. H., Muhammad, I., Jayanty, J. N., Yuniasti, K. R., & Khuluq, K. S. (2020). Media Sosial, Identitas, Transformasi, dan Tantangannya (Vol. 2). Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan ….

Fauziyah, I. N. L. (2013). Proses Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau Dari Adversity Quotient (Aq) Siswa (Penelitian Dilakukan Di Sma Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012).

Fronika, W. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Sikap Remaja. Fak. Ilmu Pendidik. Univ. Negeri Padang Email, 1–15.

Kussanti, D. P., Risyan, F., Armelsa, D., Sitasi, C., Devy, P. K., Faqihar, R., & Dhefine, A. (2020). Faktor Yang Mendorong Remaja Dalam Menggunakan Aplikasi Tiktok. Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika, 20(1), 74–82.

Ningrum, F., Ekawati, M., & Cahyani, D. D. (2021). Ekranisasi Novel Serendipity Karya Erisca Febriani ke Bentuk Film Serendipity Karya Indra Gunawan serta Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 122–134.

Nugraha, H. A. (2013). Analisis penerapan sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (Simda Keuangan) dalam pengolahan data keuangan pada organisasi pemerintah daerah (Studi kasus pada Dinas Kesehatan Kabupanten Nganjuk). Universitas Negeri Malang.

Pratikto, H., & Meiyuntariningsih, T. (2018). Peran Orang Tua Dalam Menangani Dampak Negatif Tontonan Televisi Bagi Anak. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 1(1).

Puteri, A. S. (n.d.). " Self Disclosure Generasi Z Melalui Tiktok (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif ….

Putri, B. E. (2020). Tindakan Sosial Model Perempuan Untuk Berfoto Sensual Di Kota Surabaya. UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Riska, N. (2021). PENGARUH PELATIHAN TENTANG PEMILIHAN MAKANAN SEHAT UNTUK MENCEGAH TERJADINYA STUNTING MELALUI EDUKASI GIZI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(02), 175–185.

Sandy, N. N. F. (2021). Hubungan antara sifat gemar melakukan perbandingan sosial dan perilaku membandingkan diri pada pengguna media sosial TikTok.

Septa, E. E., Yuningsih, C. R., & Sadono, S. (2021). Analisis Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Primagama Homeschooling Tahun 2020, Kota Jakarta Timur. EProceedings of Art & Design, 8(2).

SYAM, P. (n.d.). READAPTASI BUDAYA BELAJAR PASCA PANDEMI COVID-19 STUDI MINAT BELAJAR SISWA UPT SPF SD NEGERI BUTUNG II KOTA MAKASSAR.

Utami, A. N. (2019). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab. BASIC EDUCATION, 8(8), 795–801.

ZAPUTRI, M. (2021). Dampak Kecanduan Media Sosial Tik Tok Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Iain Batusangkar.


Article Metrics

Abstract view : 981 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eka Wanda Saputri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.