Solidaritas Sosial Pada Tradisi Songkabala Di Bontocina Kabupaten Maros

Eka Wela Putri(1*), Andi Dody May Putra Agustang(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bentuk solidaritas masyarakat Bontocina Kabupaten Maros dalam tradisi songkabala. 2) Faktor yang mendorong solidaritas masyarakat Bontocina Kabupaten Maros dalam tradisi songkabala. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 8 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling, dengan kriteria informan yaitu masyarakat dan tokoh masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan member check. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk solidaritas sosial pada tradisi songkabala di Bontocina Kabupaten Maros merupakan solidaritas mekanik di mana memiliki sebuah persamaan, kepercayaan perilaku dan perasaan kelompok. Dengan adanya solidaritas dapat menjalin hubungan baik diantara masyarakat seperti saling membantu, bekerja sama dalam melaksanakan sebuah kegiatan tradisi songkabala. Hal ini terlihat pada pelaksanaan kegiatan tradisi songkabala di mana masyarakat dapat saling membantu untuk melaksanakan sebuah kepercayaan yang mereka anut. Solidaritas sosial pada tradisi songkabala faktor yang mendorong adalah faktor kebersamaan, faktor kebudayaan, faktor kepentingan bersama, faktor kekerabatan dan faktor agama.

 

 


Keywords


solidaritas; tradisi; songkabala

Full Text:

PDF

References


Andrik, P. (2015). Komunikasi Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hanani, S. (n.d.). Ritualisasi Ruwahan Pada Bulan Syaqban Bagi Masyarakat Desa Kototinggi Kecamatan Gunuang Omeh Kabupaten 50 Kota.

Indrastuti, N. S. K. (2018). Representasi Unsur Budaya dalam Cerita Rakyat Indonesia: Kajian Terhadap Status Sosial dan Kebudayaan Masyarakat. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 3(3), 189–199.

Jones, P. (2009). Pengantar Teori-Teori Sosial.(terj). Achmad Fedyani Saifuddin, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Mawarni, I. S., & Agustang, A. (2022). KONSTRUKSI SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP REALITAS SOSIAL TRADISI SI SEMBA’DI ERA GLOBALISASI (Studi penelitian di Daerah Kandeapi Tikala, Toraja Utara).

Muary, R., & Sembiring, F. A. (2022). Mandadang: Kearifan Lokal Masyarakat Batak untuk Perempuan Pasca Melahirkan. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 8(1), 11–24.

Rambe, T., Sari, S. M., & Rambe, N. (2021). Ragam Ekspresi Beragama: Agama dalam Perspektif Sosiologi. Studia Sosia Religia, 4(1).

Sari, L. (2017). Solidaritas Sosial Masyarakat dalam Tradisi Mappadendang pada Suku Bugis di Kelurahan Empagae Kecamatan Wattang Sidenreng Kabupaten Sidenreng Rappang. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Setiadi, E. M., & Kolip, U. (2013). Pengantar sosiologi politik. Kencana.

Suparlan, P. (2007). Hubungan Antar Suku Bangsa. Modul A2209/2SKS. Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian.

Suyanto, B. (2015). Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Prenada Media.

Syahra, R. (2003). Modal sosial: Konsep dan aplikasi. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 5(1), 1–22.

Syukur, M. (2017). Basis Jaringan Sosial-Ekonomi Penenun Bugis-Wajo. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 2(2).

Syukur, M. (2018). Dasar-Dasar Teori Sosiologi. Rajawali Pers.

WULADNDARI, P. (2019). Warga Madura di Kota Makassar (Studi antara Solidaritas Sosial Mekanik dan Solidaritas Sosial Organik Warga Madura dalam Wadah Perkim Kota Makassar). Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 223 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eka Wela Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.