Dampak Sikap Oveprotective Orangtua Terhadap Pola Interaksi Siswa Di MAN 1 Sinjai

Andi Nurul Jannah(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran sikap overprotective orangtua terhadap siswa MAN 1 Sinjai, 2) Penyebab orangtua bersikap overprotective, 3) Dampak sikap overprotective orangtua terhadap pola interaksi siswa MAN 1 Sinjai. Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan dan jenis penelitian kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu siswa dan orangtua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan membercheck. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Gambaran sikap overprotective orangtua dengan bersikap mengawasi lingkungan pertemanan anak secara berlebihan, melakukan pembatasan kepada anak agar anak tidak melakukan perbuatan yang merugikan pribadi dan keluarga, dan melindungi anak dari lingkungan sosial yang tidak teratur. 2) Penyebab orangtua bersikap overprotective adalah perilaku pergaulan anak remaja di zaman sekarang, menjaga pendidikan untuk masa depan anak, serta orangtua ingin mempertahankan nilai norma dalam keluarga. 3) Dampak positif terhadap pola interaksi siswa adalah perilaku anak terarah dan disiplin, anak memiliki karakter yang baik dan sopan kepada semua orang, anak memiliki prestasi di sekolahnya dan anak akan bersikap hati-hati dalam lingkungannya. Sedangkan dampak negatifnya siswa cenderung bersikap tidak percaya diri, pemalu, dan anak akan lebih mudah untuk berbohong kepada orangtua, serta anak tidak mampu menyesuaikan diri di dalam lingkungan sosialnya.


Keywords


Sikap Overprotective; Pola Interaksi

Full Text:

PDF

References


Estiastuti, L., & Haryanti, Y. (2022). Representasi Pengelolaan Konflik Orang Tua Dan Anak Dalam Film" Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini". Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ihromi, T. (1999). Bunga rampai sosiologi keluarga. Yayasan Obor Indonesia.

Jayantini, N. M. S., Sulastri, M., & Sedanayasa, G. (2014). Hubungan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Kusumaningtyas, L. E. (2015). Dampak overprotektif terhadap perkembangan kemandirian anak. Widya Wacana: Jurnal Ilmiah, 10(1).

Lubis, H. M. R. (2017). Sosiologi Agama: Memahami Perkembangan Agama dalam Interaksi Islam. Kencana.

Marwiyah, S. (2012). Konsep pendidikan berbasis kecakapan hidup. Jurnal Falasifa, 3(1), 75–97.

Samad, N. A., & Syukur, M. (n.d.). POLA ASUH ORANGTUA SISWA BERPRESTASI DI SMA NEGERI 1 SEGERI KABUPATEN PANGKEP. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 91–96.

Saya, S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Educouns Journal: Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 16–21.

Sidi, P. (2014). Krisis karakter dalam perspektif teori struktural fungsional. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1).

Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.

Triyono, T. (2020). Kontribusi Sikap Orang Tua terhadap Kemandirian Anak. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 26–34.

Uce, L. (2017). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77–92.

Yani, I., & Indrawati, I. (2018). Harmonisasi keluarga pasangan suami istri yang tidak memiliki keturunan di desa bangun jaya kecamatan tambusai utara kabupaten rokan hulu. Riau University.

Yusuf, S. (2005). Psikologi Perkembangan Anak Remaja, Cet I. Bandung: Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 663 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andi Nurul Jannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.