Persepsi Remaja Terhadap Perempuan Hamil Di Luar Nikah Di Desa Tapango Kabupaten Tapango Kabupaten Polewali Mandar

Rahmawati K(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) persepsi remaja terhadap perempuanhamil diluar nikah di Desa Tapango Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar. 2)Dampak sosial dari persepsi remaja terhadap perempuan hamil di luar nikah di Desa Tapango Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar. 3) faktor yang mempengaruhi maraknya fenomena hamil di luar nikah pada kalangan Remaja di Desa Tapango Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar.Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 20 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan adalah Remaja yang berumur 16-19 tahun yang berada atau bertempat tinggal di Desa Tapango Kecamatan Tapango Kabupaten polewali Mandar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik member check.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi Remaja Terhadap Perempuan Hamil Di luar Nikah Di Desa Tapango Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar adalah: berperilaku buruk atau tercela kerana membawa aib, mencoreng nama baik dan membuat malu keluarganya dengan melakukan tindakan yang melanggar hukum norma, adat maupun agama. 2). Dampak sosial yang diterima Perempuan Hamil Di luar Nikah Di Desa Tapango Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar adalah: a) Menanggung Malu, b) Menjadi Aib Keluarga, c) dikucilkan dari masyarakat, d) Kehilangan masa depan. 3) Faktor Yang Mempengaruhi Maraknya Fenomena Hamil Di Luar Nikah Pada Klangan Remaja Di Desa Tapango Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar adalah: a) faktor perilaku, b) faktor keluarga, dan 3) faktor lingkungan.

Keywords


Persepsi; Remaja; Hamil Di Luar Nikah

Full Text:

PDF

References


Aggasi, A. (2020). Perilaku Seksual Pranikah Mahasiswa pada Salah Satu Universitas di Kabupaten Sumbawa.

Aisyah, A., & Damanik, N. S. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERNIKAHAN USIA DINI PADA REMAJA PUTERI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS UJUNG KUBU KABUPATEN BATUBARA TAHUN 2022. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 2(3), 39–49.

Fauziah, R., & Erianjoni, E. (2019). Respon Masyarakat Pada Perempuan Yang Hamil Sebelum Menikah (Married By Accident) Di Nagari Sungayang Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 2(3), 302–308.

Purdiani, M. (2014). Hubungan penggunaan minuman berkafein terhadap pola tidur dan pengaruhnya pada tingkah laku mahasiswa/i Universitas Surabaya. CALYPTRA, 3(1), 1–15.

Putrie, D. R. Y., & Surahman, S. (2019). Pernikahan dini akibat hamil diluar nikah dalam tinjauan hukum Islam dan hukum positif (Studi kasus di kecamatan Kartasura kabupaten Sukoharjo). IAIN Surakarta.

Samad, N. A., & Syukur, M. (n.d.). POLA ASUH ORANGTUA SISWA BERPRESTASI DI SMA NEGERI 1 SEGERI KABUPATEN PANGKEP. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 91–96.

Sujanto, A. (1982). Psikologi perkembangan.

Uyun, Z. (2012). Kecemasan pada remaja hamil di luar nikah (Studi kasus remaja Surakarta tahun 2011).

Wardana, N. K. (2014). Persepsi Buruh Terhadap Partai Politik (Studi Kasus Persepsi Buruh Anggota Serikat Pekerja Nasional Kota Salatiga Terhadap Partai Politik Peserta Pemilihan Umum 2014).

Wibisana, W. (2017). Perkawinan wanita hamil diluar nikah serta akibat hukumnya: Perspektif fikih dan hukum positif. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 15(1), 29–35.

Wiwiyanti, W. (2017). Pernikahan Dini Akibat Hamil diluar Nikah Ditinjau dari Tradisi dan Kompilasi Hukum Islam (KHI) di Kecamatan Amali Kabupaten Bone. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Yanti, T. N. (2010). Persepsi dan respon masyarakat mengenai pernikahan wanita hamil diluar nikah: studi pada warga kelurahan Jati Mekar, Kecamatan Jati Asih-Bekasi.


Article Metrics

Abstract view : 331 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rahmawati K

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.