Sosialisasi Pendidikan Seksual Orangtua Pada Anak Di Era Digital (Studi Di Kelurahan Pa’bundukang Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar)

Jusmawati Ridwan(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Bentuk sosialisasi pendidikan seksual orangtua pada anak diera digital (studi di Kelurahan Pa’bundukang Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar) dan 2) Proses perubahan sosialisasi pendidikan seksual orangtua pada anak diera digital (studi di Kelurahan Pa’bundukang Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jumlah informan sebanyak 10 orang dan ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu, orangtua yang memiliki anak berusia 2 sampai 17 tahun, orangtua yang telah menempuh pendidikan minimal Sekolah Menengah Atas (SMA) dan orangtua yang memiliki handphone android. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data dilakukan menggunakan member check. Teknik analisis data yakni, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Bentuk sosialisasi pendidikan seksual orangtua pada anak diera digital (studi di Kelurahan Pa’bundukang Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar) adalah; a) menciptakan komunikasi yang harmonis dengan anak, b) toilet training, c) menyampaikan bagian tubuh yang tidak boleh dilihat dan disentuh sembarang orang, d) penyampaian informasi mengenai masa pubertas, e) mendampingi dan berinteraksi dengan anak saat menggunakan perangkat dan media digital, f) mendiskusikan perilaku baik dan tidak dari karakter tokoh diperangkat dan media digital, g) menghindari program yang menampilkan unsur kekerasan, ketakutan, seksualitas dan penggunaan bahasa yang tidak pantas, h) peningkatan pengetahuan agama dan 2) Proses perubahan sosialisasi pendidikan seksual orangtua pada anak diera digital (studi di Kelurahan Pa’bundukang Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar) adalah; a) akses anak dalam sistem informasi dan komunikasi berlangsung cepat dan b) penggunaan metode ceramah menjadi metode digital parenting.

 

 

                                                 

 

 


Keywords


Sosialisasi; pendidikan seksual; orangtua; anak; era digital

Full Text:

PDF

References


Adawia, R. (2018). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Perlindungan dan Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Anggraini, T., Riswandi, R., & Sofia, A. (2017). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini: Aku dan Diriku. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2).

Astiwi, A., & Awaru, A. O. T. (2018). Pengaruh Pengetahuan Orangtua Terhadap Penerapan Pendidikan Seks Dalam Keluarga Di Kelurahan Tamarunang Kecamatan Mariso Kota Makassar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 55–58.

Awaru, A. O. T., Idris, R., & Agustang, A. (2018). Sexual education at high school sinjai east. 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018), 944–947.

Chasanah, I. (2018). Psikoedukasi pendidikan seks untuk meningkatkan sikap orangtua dalam pemberian pendidikan seks. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 10(2), 133–150.

Dini, J. P. A. U. (2022). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965–1975.

Handayani, M. (2017). Pencegahan kasus kekerasan seksual pada anak melalui komunikasi antarpribadi orang tua dan anak. Jurnal Ilmiah Visi, 12(1), 67–80.

Islam, U. N. (2004). Mendidik Anak dalam Kandungan. Gema Insani.

Mahsun, M. (2017). Metode Penelitian Bahasa. Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Rajawali Press.

Masse, M. (2018). Praktek Kekerasan Di SMA Negeri 8 Luwu Timur. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Maulidiyah, E. C. (2018). Penanaman nilai-nilai agama dalam pendidikan anak di era digital. Martabat, 2(1), 71–90.

Rohayati, R. (2020). Konsepsi Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini Menurut Perspektif Islami. IAIN BENGKULU.

Surtiretna, N. (2006). Remaja dan Problema Seks Tinjauan Islam dan Medis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ulfah, M. (2020). DIGITAL PARENTING: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital? Edu Publisher.

Yuliharti, Y. (2011). Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Anak Usia Dini. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 10(1), 48–58.


Article Metrics

Abstract view : 373 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jusmawati Ridwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.