Persepsi Masyarakat terhadap Kepemimpinan Kepala Desa Perempuan di Desa Alesipitto Kecamatan Ma'rang Kabupaten Pangkep

Hastuti Hastuti(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Sosiologi FIS Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) persepsi masyarakat terhadap kepemimpinan kepala desa perempuan di Desa Alesipitto Kecamatan ma’rang Kabupaten Pangkep. 2) tantangan yang dihadapi kepala desa perempuan dalam menjalankan kepemimpinannya di desa Alesipitto Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu kepala desa, perangkat desa dan masyarakat desa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap pengabsahaan data dengan member check. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penerik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi masyarakat terhadap kepemimpinan kepala desa perempuan yaitu; a) pemimpin yang demokratis, b) pelayanan dan pembangunan semakin baik, dan c) Pemimpin yang dermawan. 2) tantangan yang dihadapi kepala desa perempuan dalam menjalankan kepemimpinannya yaitu; a) askpek sosial budaya, dan b) aspek keluarga.

 

Kata Kunci: Kemimpinan, Kepala Desa, dan Perempuan


Keywords


kepemimpinan; Kepala Desa; Perempuan

Full Text:

PDF

References


Al Ahsani, N. (2020). Kepemimpinan perempuan pada masyarakat dalam perspektif Saʿīd Ramaḍān Al-Būṭī (telaah hadis misoginis). Jurnal Al-Hikmah, 18(1), 51–66.

AnwarAbidin, A. (2017). Manajemen pembiayaan pendidikan tinggi dalam upaya peningkatan mutu (Studi kasus pada perguruan tinggi swasta menengah di Surabaya). Jurnal Penjaminan Mutu, 3(01), 87–99.

Brahmasari, I. A., & Suprayetno, A. (2008). Pengaruh motivasi kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan serta dampaknya pada kinerja perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 10(2), 124–135.

Chintya, D. (2017). Adaptasi sosial mahasiswa migran kampus Universitas Bangka Belitung. Universitas Bangka Belitung.

Ghofar, A. (2017). Fleksibilitas Kepemimpinan Pendidikan: Upaya Menciptakan Budaya Sekolah yang Berkarakter. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).

Harahap, A. S. (2018). Sistem Musyawarah Dalam Penyelesaian Sengketa Perusakan Hutan Pada Masyarakat Adat Dalihan Na Tolu. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 1(1), 318–332.

Mashuddin, M., Ahmad, M. R. S., & Arifin, Z. (n.d.). Perilaku Bullying Di SMA Negeri 1 Maros (Studi Kasus Pada Siswa Pindahan). Pinisi Journal of Sociology Education Review, 1(2), 142–152.

Nuryoto, S. (1998). Perbedaan prestasi akademik antara laki-laki dan perempuan studi di wilayah Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 25(2), 16–24.

Purnomosidi, A. (2017). Konsep Perlindungan Hak Konstitusional Penyandang Disabilitas di Indonesia. Refleksi Hukum: Jurnal Ilmu Hukum, 1(2), 161–174.

Subhan, Z. (2015). Al-Qur’an dan Perempuan. Prenada Media.

Umanailo, M. C. B. (2019). Talcot Parson and Robert K Merton.

Wijayanti, S. N. (2016). Hubungan antara pusat dan daerah dalam negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014. Jurnal Media Hukum, 23(2), 186–199.


Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hastuti Hastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.